Erabaru.net. Seorang anak laki-laki di India terlahir cacat bawaan secara fisik, memiliki sesuatu seperti ekor di badannya, tetapi orangtuanya menyembunyikan ekor tersebut karena mereka percaya itu adalah keberuntungan dan keajaiban.

Namun, keberuntungan itu ternyata sangat menyiksa putra mereka, sehingga mereka pun tidak lagi menyembunyikannya, dan melakukan operasi pengangkatan ekor tersebut.

Kondisi yang dialami oleh anak itu secara medis disebut sebagai kelainan neuro – dan itu timbul dari kompresi di ujung ekor tulang belakangnya.

“Ini adalah kasus yang sangat langka dan kami belum melihat kelainan seperti itu sebelumnya,” kata Pramod Giri, Kepala Departemen Bedah Rumah Sakit Nagpur, India.

“Anak laki-laki itu mengeluh rasa sakit yang hebat di punggung bawah saat tidur dan duduk. Dia juga menderita masalah psikologis yang ekstrim karena pertumbuhan ekornya, sehingga dia harus selalu menyesuaikan pakaian dan duduknya,” Tambahnya.

Dokter juga berkomunikasi dengan orangtua anak itu, ia mengatakan bahwa mereka dapat didakwa atas tindak pidana kekerasan terhadap anak, karena mengabaikan penderitaan anaknya.

“Keluarganya sadar akan penderitaan anak itu, tetapi mereka mengabaikannya, dan tidak mendatangi dokter karena mereka menganggap itu sebagai sebuah jimat keberuntungan untuk anak itu. Mereka menyembunyikan kondisi anaknya selama ini, karena khawatir dengan stigma sosial, sehingga menunda penangangan masalah kesehatan.”

““Operasi tidak rumit, tapi karena melibatkan beberapa bagian dari sumsum tulang belakang, kami harus berhati-hati. Untungnya, tidak ada tulang atau jaringan otot di ekornya, sehingga mengangkat ekor itu tidak terlalu sulit.”

“Dia sangat senang. Dia sekarang sangat nyaman saat tidur dan duduk. Dia bilang merasa lebih percaya diri sekarang,” ujar dokter Giri.

Bocah berekor itu sekarang mungkin sudah diizinkan pulang pasca operasi pengangkatan ekor.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular