Erabaru.net. Kebakaran hutan terjadi di Desa Lier, Kabupaten Muli yang berada di Provinsi Sichuan, Tiongkok, Sabtu (30/3/2019) malam.  Kebakaran menyebabkan kematian 30 orang yang sebelumnya berupaya memadamkan api. Selain itu, seorang kepala bagian kehutanan dari Kabupaten Muli bersama seorang pekerjanya juga meninggal dunia.

Petugas kehutanan Kabupaten Muli melaporkan kepada media ‘The Paper’ pada malam itu bahwa kepala bagian mereka bernama Yang Dawa bersama seorang pekerja bernama Zhou Ping tewas dalam insiden tersebut.

Departemen Pertolongan Darurat Tiongkok mengumumkan pada 1 April malam bahwa pada pukul 18.30 waktu setempat sebanyak 30 orang petugas pemadam kebakaran hilang kontak dalam kebakaran itu. Kini, 26 jenazah telah diketemukan dan sisa personel yang hilang masih belum diketahui keberadaannya.

Para pemadam yang menjadi korban dalam kebakaran itu adalah 27 orang petugas pemadam kebakaran dari Dinas Kehutanan dengan 3 orang petugas pemadam kebakaran lokal.

Laporan resmi komunis Tiongkok menyebutkan awal kebakaran terjadi pada 30 Maret sekitar pukul 18:30 waktu setempat. Titik api berada pada ketinggian sekitar 3.800 meter di atas permukaan laut. Pada 31 Maret sore hari, 30 orang dari 689 orang petugas pemadam terjebak dalam kobaran api akibat perubahan tiupan angin yang berlangsung secara tiba-tiba.

Warganet yang mengetahui kondisi wilayah kebakaran menginformasikan : “Lalu lintas menuju Kabupaten Muli benar-benar tidak nyaman. Mudah-mudah semuanya aman.”

“Apakah sudah ada kabar mengenai nasib petugas yang hilang dalam insiden kebakaran 2 hari lalu ? tulis netizen lain.

Akhir-akhir ini kebakaran hutan kerap terjadi di Tiongkok. Pada 30 Maret kebakaran juga terjadi di gunung wilayah Desa Taibaozhuang, Miyun, Beijing. Pada saat itu, angin bertiup menuju arah Desa Pinggu, dan kobaran api cukup besar.

Pada 29 Maret sekitar pukul 13:30 kebakaran besar hutan juga terjadi di dekat Desa Guojiaping, Kabupaten Wuyuan, Kota Changzhi, Propinsi Shanxi. Karena tiupan angin kencang api telah menelan hutan seluas 28.6 kilometer persegi. Ada sekitar 25 desa dan tambang batu bara terancam oleh kebakaran. Sebanyak 3.600 orang di sana telah diungsikan.

Pada 14 Maret, 6 orang petugas pemadam kebakaran tewas dalam tugas memadamkan kobar api besar yang membakar hutan di Desa Nanshi, Kabupaten Wuyuan, Provinsi Shanxi.

Pada 28 Pebruari, kebakaran hutan terjadi di Desa Daping, Kota Luan, Prefektur Liangshan, Propinsi Sichuan. Api berkobar selama 8 jam akibat tiupan angin kencang. (Sin/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular