Erabaru.net. Karena semakin banyak orang menjadi sadar akan efek berbahaya dari menggunakan sedotan plastik, semakin banyak alternatif yang ramah lingkungan telah diperkenalkan seperti sedotan logam dan sedotan bambu.

Namun, jika Anda tidak tertarik menggunakan sedotan logam, ada solusi inovatif lain yang dapat menggantikan sedotan plastik dalam waktu dekat dan itu adalah sedotan rumput.

Terbuat sepenuhnya dari rumput, produk ramah lingkungan terbaru ini tidak hanya terbuat dari gulma acak tetapi jenis rumput khusus yang tumbuh di ladang di sekitar Delta Mekong di Vietnam.

(Foto: Ong Hut Co)

Ini disebut Lepironia articulata dan membuat alternatif yang sempurna untuk sedotan plastik karena sama-sama kokoh.

Rumput tumbuh liar di lahan basah di Vietnam.

(Foto: Ong Hut Co)

Tidak seperti sedotan plastik, ia tidak perlu melalui banyak proses dan menghasilkan banyak limbah untuk mengubahnya menjadi sedotan.

Dalam video Facebook yang telah menyebar di media sosial dengan lebih dari 1,5 juta tampilan dan 27.000 suka, pria Vietnam Tran Minh Tien menunjukkan bagaimana ia memproduksi sedotan rumput tersebut.

(Foto: YouTube/WeChoice Awards)
(Foto: Tony Rodd / Flickr)

Setelah rumput dikumpulkan, ia dibersihkan dan dicuci sebelum dipotong menjadi tabung sepanjang 20 cm.

Kemudian, bagian dalam rongga dibersihkan lagi dengan menggunakan batang logam.

Selanjutnya, rumput akan dibawa ke putaran kedua pencucian dan kemudian dikemas menjadi bundelan dengan menggunakan daun pisang.

(Foto: Ong Hut Co)

Kemudian, sedotan rumput siap dikirim dan digunakan!

Sedotan rumput tersedia dalam dua versi; kering dan segar. Sedotan rumput yang baru dipotong dapat disimpan di lemari es hingga dua minggu dan satu minggu dalam suhu kamar.

Untuk yang kering, tahan lebih lama dan dapat disimpan di lemari es hingga enam bulan.

(Foto: Ong Hut Co)

Kedua versi sedotan rumput dimaksudkan untuk digunakan hanya untuk sekali pakai tetapi Tranh dan timnya mendorong mereka yang membeli sedotan rumput untuk menggunakannya kembali di rumah.

Sedotan rumput sepenuhnya organik karena tidak diperlakukan dengan bahan kimia dan pengawet. Mereka memiliki aroma alami yang cukup ringan dan menyenangkan.

Bahkan lebih baik, karena mereka bisa terurai secara hayati!

Saat ini, sedotan rumput hanya tersedia di Vietnam sehingga jika Anda mengunjungi Vietnam dalam waktu dekat, jangan lupa untuk mencoba sedotannya.(yant)

The grass is greener when it becomes a straw

A Vietnamese youth is making biodegradable straws with grass that grows wild in the Mekong Delta. https://bit.ly/2I1nF0T

Posted by VnExpress International on Tuesday, March 26, 2019

Sumber : GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular