- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kehidupan Nyata Burung Macaw Spix yang Mengilhami Film ‘Rio’ Ini Dinyatakan Punah Secara Resmi

Erabaru.net. Jika Anda menonton film animasi 2011 ‘Rio’, Anda akan ingat burung Macaw Spix biru bernama Blu, yang merupakan burung jantan terakhir yang masih hidup dari spesiesnya, terbang jauh-jauh dari Minnesota ke Rio de Janeiro untuk bertemu Jewel, yang juga betina terakhir yang hidup dari spesies.

Film ini berahir bahagia dengan Blu dan Jewel jatuh cinta dan memiliki bayi bersama – menyelamatkan spesies mereka dari kepunahan.

[1]
(Foto: Twentieth Century Fox / Rio)

Sayangnya, itu tidak berakhir begitu indah dalam kehidupan nyata ketika sebuah studi baru oleh BirdLife International mengungkapkan bahwa beberapa spesies burung telah kehilangan perjuangan untuk bertahan hidup — termasuk Macaw Spix.

[2]
(Foto: Wikimedia)

Sekarang secara resmi diklasifikasikan sebagai punah di alam liar, Macaw Spix dilaporkan salah satu dari delapan spesies yang telah ditambahkan ke daftar kepunahan yang dipastikan atau kemungkinan besar. Burung-burung lain termasuk poo-uli (melamprosops phaesoma), cryptic treehunter (Cichlocolaptes mazarbarnetti), pernambuco pygmy-owl (glaucidium mooreorum)dan banyak lagi.

Burung-burung yang indah sekarang punah di alam liar.

[3]
(Foto: Wikimedia)

“Macaw Spix yang terakhir diketahui di alam liar menghilang pada tahun 2001, tetapi pencarian telah berlangsung sejak saat itu dan baru sekarang kami merasa cukup percaya diri untuk mengklasifikasikannya sebagai punah di alam liar,” kata Stuart Butchart, rekan penulis dari Report.

Menurut Asosiasi Konservasi Burung Beo Terancam di Jerman, Macaw Spix adalah spesies nuri yang paling langka di dunia. Setelah pencarian terus-menerus, burung beo sekarang dianggap punah di alam liar, tetapi untungnya beberapa burung bertahan hidup dalam program pemuliaan.

Namun, tidak semua upaya untuk membiakkan spesies yang terancam punah di penangkaran telah berhasil.

[4]
(Foto: Wikimedia)

Dengan berita kepunahan ini, kita mungkin tidak dapat melihat Macaw Spix biru yang indah lagi jika ada mungkin hanya dalam film.(yant)

Sumber: GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: