Erabaru.net. Pernahkah Anda mengalami rasa sakit hebat pada tumit Anda setelah bangun tidur di pagi hari? Jika ya, itu berarti Anda mungkin menderita plantar fasciitis.

Plantar fasciitis adalah suatu kondisi ketika pita jaringan yang kuat yang mendukung lengkungan kaki Anda teriritasi dan meradang.

Latihan peregangan dan penguatan dapat membantu ligamen menjadi fleksibel dan lebih kuat. Dan berikut ini adalah empat latihan peregangan dan penguatan sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk mengurangi rasa sakit pada tumit.

1. Peregangan betis

Latihan ini membantu meregangkan otot-otot di bagian belakang kaki bagian bawah Anda.

Pertama, berdirilah menghadap dinding dengan kedua tangan Anda berada di atas dinding setinggi mata. Kemudian, letakkan satu kaki selangkah di belakang kaki lainnya. Jaga tumit Anda di tanah dan tekuk lutut depan sampai Anda merasakan regangan di kaki belakang.

Tahan posisi selama 15 hingga 30 detik. Ulangi latihan ini 2 hingga 4 kali.

2. Rolling pin atau peregangan bola tenis

Untuk latihan ini, Anda bisa menggunakan rolling pin atau bola tenis. Pertama-tama, sambil duduk, gulung rolling pin atau bola tenis dengan lengkungan kaki Anda.

Kemudian, maju dengan melakukan latihan ini sambil berdiri.

3. Peregangan handuk

Tempatkan handuk gulung di bawah bola kaki Anda sambil memegang ujung handuk. Kemudian, tarik handuk dengan lembut sambil menjaga lutut tetap lurus.

Tahan posisi selama 15 hingga 30 detik. Ulangi latihan ini 2 hingga 4 kali.

4. Plantar fascia dan peregangan betis

Berdiri di tangga setengah dan pastikan untuk memegang pegangan. Perlahan turunkan tumit Anda saat Anda mengendurkan otot betis Anda. Tahan posisi selama 15 hingga 30 detik.

Kemudian, kencangkan otot betis Anda kembali dan bawa tumit Anda kembali ke tingkat anak tangga lagi. Ulangi latihan ini 2 hingga 4 kali.

Ingatlah selalu untuk melakukan pemanasan sebelum Anda melakukan latihan karena akan membantu plantar fascia Anda, ligamen yang mendukung lengkungan kaki Anda menjadi lebih fleksibel. Ini juga akan membantu menghindari kemungkinan cedera dan peradangan lebih lanjut.(yant)

Sumber: GoodTimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular