Erabaru.net. Setelah melihat lukisan yang berwarna-warni ini, percayakah Anda itu adalah hasil karya orang yang tak bisa melihat alias buta?

Kita bisa membayangkan betapa cemerlangnya hatinya itu. Hanya mereka yang memiliki hati yang semarak baru dapat melukis dengan seindah itu.

Berikut sejumlah hasil lukisannya yang mengagumkan.

Lukisannya mengandung harapan terhadap kehidupan, Meskipun Tuhan membuat hidupnya dalam kegelapan, tetapi dia menggambarkan warna hidup dengan sepasang tangannya yang lincah.

Dia adalah seorang pelukis buta. Dia baru mulai melukis pada tahun 2001 silam, tepatnya saat berusia 30 tahun. Namun dia kehilangan penglihatan karena penyakit epilepsi yang cukup parah hingga merusak syaraf optik matanya. Tapi hal itu justru menginspirasi hasratnya untuk melukis.

Bagi seorang yang hobi melukis, di mana ketika hanya tersisa kegelapan, maka melukis hanya dengan imajinasi.

Inilah gambar-gambar yang dilukisnya. Dia membawakan karya yang luar biasa kepada kita.

Sekarang dia menggambar dengan indera peraba dan merasakan teksturnya. Menggambar tokoh karakter dan lanskap berwarna.

Dia mengatakan bahwa sentuhan pada masing-masing warna berbeda. Penyesuaian warna ini ditentukan oleh perasaan. Ia “melihat” warna dengan cara meraba tekstur cat tersebut!

Dia terus berlatih dan mencoba, mengambar sebuah lukisan yang menakjubkan. Dunianya yang gelap justru memberinya sentuhan yang lebih kuat.

Ketika ia pertama kali mengikuti pameran seni. Ketika semua orang sedang menikmati lukisannya. Tidak ada yang tahu tentang matanya yang tak bisa melihat. Dia pikir ini akan membuat semua orang lebih intuitif tentang lukisannya.

Cara melukisnya tidak sama dengan cara seorang tunanetra dalam membaca. Ia menggunakan matte fabric paint sebagai sketsa awal. Dengan cara itu meskipun tidak bisa melihat, tetap bisa “melihat” karena matte fabric paint akan meninggalkan bekas timbul yang mudah diraba olehnya.

Lukisan-lukisannya dihasilkan terutama dari dua poin ini : Tahu posisi kanvas, dan menentukan warna dari pikirannya, kemudian membuat garis-garisnya secara akurat.

Banyak orang ingin bertanya, bagaimana dia tahu dengan warnanya ? Ia menandai semua botol cat yang dapat dikenali dengan huruf Braille.

Ia juga memiliki formula khusus untuk pewarnaan. Dengan kata lain, ia memadukan warna yang diinginkan didasarkan pada proporsi masing-masing warna dengan sentuhan yang berbeda di tangannya. Sentuhan warna putih jauh lebih kental seperti pasta gigi, sedangkan warna hitam lebih banyak air.

Warna pada lukisannya rata-rata bernuansa kental, memancarkan ketegangan dan bara api tentang kehidupan. Lukisannya juga memiliki tema tertentu.

Air laut yang berkilauan, warna yang cerah dan kaya dengan rasa hangat, seolah dia bisa melihat dunia yang penuh warna ini.

Awan di cakrawala, pohon-pohon yang bersilangan di hutan, dan seberkas sinar cahaya merembes dari kejauhan.

Sentuhan cahaya pada lukisannya relatif intens. Meski tokoh karakter bukan dimensi yang spesial, namun sentuhan pada penataan ruang tetap terasa.

Lukisan dua dunia di atas dan bawah air ini tampak sangat intuitif melukiskan pemandangan dalam air, gaya lukisan dengan tuntutan yang relatif tinggi terhadap sang pelukis.

Kompleksnya perpaduan warna merah, kuning, biru dan hijau memberi kesan tumpang tindih, secara visual dipadukan dengan permukaan danau yang berkilauan.

Dia merasa corak yang dilihatnya sekarang jauh lebih berwarna dibandingkan 29 tahun silam saat masih bisa melihat. Mungkin melukis membuatnya lebih merasakan semarak hidup.

Ia membentuk atau melukis garis kontur seorang tokoh karakter dengan sentuhan tangan kiri pada kanvas dan warna, dan menghasilkan lukisan yang indah ini.

Dia memiliki beberapa pertimbangan untuk pemandangan aktual dan virtual dalam lukisannya. Awan yang semu di angkasa tampak kontras dengan karakter tokoh dalam lukisannya.

Inilah profil wajah dari tokoh karakter saat diperbesar, terlihat lebih jelas perubahan antar warna, termasuk detail antar panca indera.

Dia melukis kuda itu secara sintetik, memiliki pemahaman yang mendalam tentang bentuk kuda dan perubahan antara warna juga sangat konten.

Lukisan dengan nuansa pop disertai gaya abstrak, namun komposisi antar karakter tampak sangat harmonis.

Warna pada setiap lukisan memberi kesan yang dalam, dan manifestasi dari corak warnanya mungkin mengandung seni tersendiri dalam setiap goresannya.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular