Erabaru.net. Pada bulan Desember 2018 lalu, sebuah perusahaan Jepang meluncurkan sistem ‘berbagi payung’ yang disebut iKasa di Tokyo, di mana orang dapat menyewa payung di tempat-tempat strategis seperti di seluruh toko-toko di kota Tokyo.

(Foto : iKasaJapan | Facebook)

Proses sewa cukup sederhana dan apa yang harus dilakukan adalah:

# 1. Tambahkan akun iKasa sebagai teman di aplikasi LINE.

# 2. Klik tombol ‘ Rent a Pay’.

# 3. Klik di mana saja di dekat lokasi Anda saat ini. Kemudian periksa apakah tempat itu buka dan ada payung yang tersedia.

# 4 Lanjutkan ke tempat itu, pindai kode QR pada pegangan dan payung adalah milik Anda untuk hari itu.

# 5 Setelah selesai menggunakannya, pindai kode QR di tempat pemulangan.

(Foto: iKasaJapan | Facebook)

Pelanggan akan dikenakan biaya 70Yen (sekitar Rp 9 ribu) per hari pada kartu kredit pra-terdaftar mereka. Namun, jika pelanggan lupa mengembalikannya pada hari yang sama, mereka akan dikenai biaya tambahan 420Yen (sekitar Rp 53 ribu), pelanggan dapat mengambil payung dan tidak perlu mengembalikannya lagi.

Sistem telah berjalan selama beberapa bulan dan manajemen sangat senang melaporkan bahwa 100 persen dari payung dikembalikan, yang mengesankan netizen di seluruh dunia karena hal serupa telah dilakukan di negara lain seperti Tiongkok, Hong Kong, dan Malaysia sebelumnya dan hasilnya agak memalukan. Kira-kira bagaimana ya kalau ada sistem serupa di Indonesia?(yant)

Sumber: Erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular