Erabaru.net. Setiap ada kehidupan baru lahir, selalu membuat semua orang bahagia, tetapi pernahkah terlintas dalam benak Anda, mengapa bayi yang baru lahir dengan kondisi basah dan biasanya terdapat lapisan putih menyelimuti tubuhnya, tetapi perawat tidak langsung memandikannya ?

Ketika bayi berada dalam perut ibu, ia akan dilindungi dengan lapisan lemak bernama vernix caseosa. Lapisan yang tahan air ini, membantu pertumbuhan kulit, melindungi bayi dari infeksi. Ini karena lapisan vernix caseosa memiliki kandungan antioksidan, anti infeksi, serta anti peradangan. !

Lapisan vernix adalah pelumas yang paling penting bagi bayi saat akan lahir. Lapisan vernix caseosa tidak hanya menjadi penghalang cairan di rahim, membersihkan kulit, mengatur suhu tubuh bayi, melembutkan dan menghaluskan kulit bayi saat lahir dan setelahnya. Kandungan seperti keju ini merupakan pelembab alami untuk melindungi kulit dari kekeringan dan pecah-pecah.

Mereka yang tidak tahu ini akan berpikir bahwa vernix caseosa adalah kotoran yang tidak berguna, kemudian langsung memandikannya.

Dokter dan perawat profesional tahu betul fungsi dari lapisan vernix caseosa ini, mereka akan memberi tahu orangtua si bayi tentang manfaat vernix caseosa dan menganjurkan untuk tidak langsung membersihkannya.

Jika memang benar-benar ingin membersihkan, sebaiknya cukup lap bersih noda darah, kotoran, dan kotoran lain di badan bayi, pertahankan lapisan vernix caseosa ini untuk melindungi bayi!

Organisasi Kesehatan Dunia juga merekomendasikan tunggu setidaknya 6 – 24 jam baru dimandikan!

Cara membersihkannya juga harus menggunakan kasa steril dan sedikit minyak alami, dan cukup bersihkan dengan lembut!

Vernix caseosa memiliki sejumlah besar manfaat, sehingga banyak industri perawatan kesehatan sekarang telah menginvestasikan sumber daya untuk lebih dalam meneliti vernix caseosa, yang diharapkan dapat dimanfaatkan di masa depan!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular