- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Facebook, WhatsApp, Instagram Down di Seluruh Dunia

Oleh Tom Ozimek

Erabaru.net. Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp di seluruh dunia melaporkan masalah mengakses platform pada pagi Minggu (14/4/2019).

Aplikasi tersebut tidak dapat diakses setidaknya dalam beberapa jam.

Downdector.com telah menerima lebih dari 11.000 laporan masalah sejak pukul 07:00 pada Minggu itu.

Banyak pengguna menggunakan Twitter untuk mengatakan bahwa mereka mengalami masalah.

Down yang terjadi pada Minggu ini terjadi hanya sebulan setelah Facebook mengalami down terburuk yang pernah ada.

Down Sebelumnya

Facebook, WhatsApp, dan Instagram semuanya tidak dapat diakses selama sekitar enam jam pada Maret lalu.

“Kami saat ini mengalami masalah yang dapat menyebabkan beberapa permintaan API lebih lama atau gagal secara tak terduga. Kami sedang menyelidiki masalah ini dan sedang mengerjakan resolusi,” demikian Facebook dalam keterangannya.

Perusahaan itu mentweet bahwa mereka sedang mencoba untuk menyelesaikan masalah “sesegera mungkin,” mengkonfirmasi bahwa kejadian itu “tidak terkait dengan serangan DDoS.”

Menurut AdAge, pengiklan juga dikunci dari pengelola iklan Facebook.

Pada hari Rabu, Pengelola Iklan Facebookrusak, bersama dengan seluruh platform. Pengelola Iklan adalah situs web iklan yang digunakan jutaan pemasar untuk menjadwalkan kampanye mereka di Facebook, Instagram, dan Messenger,” menurut situs web .

Tercatat bahwa Facebook mengelola sekitar $ 90 juta pendapatan iklan per hari.

Facebook akhirnya memberikan kejelasan sekitar 24 jam kemudian. Perusahaan menyalahkan “perubahan konfigurasi server,” dan meminta maaf atas kejadian ini.

Agustus lalu, Facebook down selama sekitar 45 menit, yang digambarkan sebagai pemadaman yang relatif lama bagi perusahaan itu.

Sebelumnya, pada 2010, Facebook juga tak bisa diakses selama 2,5 jam yang pada saat itu perusahaan menyebutnya “dwon terburuk yang pernah kami alami dalam lebih dari empat tahun.”

“Kelemahan utama yang menyebabkan down yang begitu parah adalah penanganan yang tidak menguntungkan atas kondisi kesalahan,” demikian Facebook. “Sistem otomatis untuk memverifikasi nilai-nilai konfigurasi akhirnya menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang diperbaiki.”

Para pengguna pun berama-ramai pinda ke Twitter. Tagar #FacebookDown, #InstagramDown, dan #WhatsAppDown menggema di jagat Twitter. (asr)