- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Trump Soal Teknologi 5G AS : Kompetisi Harus Menang, Terapkan Secepat Mungkin

oleh Qiao An

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato penting di Gedung Putih pada Jumat, 12 April lalu, menegaskan kembali tekad dan kebutuhan Amerika Serikat untuk berkomitmen pada pembangunan jaringan 5G global.

Trump mengatakan : “Dalam kompetisi tentang 5G, Amerika Serikat harus menang, kompetisi ini memiliki banyak perusahaan besar, kita harus mensubsidi mereka, ini adalah sebuah persaingan yang wajib kita menangkan.”

Trump mengatakan bahwa jaringan 5G yang aman sangat penting bagi kemakmuran AS dan keamanan nasional, yang akan mencakup hampir semua bidang, sehingga jaringan 5G AS harus tangguh dan aman.

“Jaringan 5G harus aman dan terjamin. Jaringan 5G harus mencakup semua komunitas dan perlu diterapkan secepat mungkin,” katanya.

Pada saat yang sama, untuk menjamin persaingan pasar bebas dan inovasi teknologi yang cepat, Trump berharap bahwa pembangunan 5G AS akan dipimpin oleh perusahaan swasta daripada dioperasikan pemerintah.

Trump mengatakan : “Metode yang ditempuh Amerika Serikat adalah mendorong sektor swasta untuk memimpin dan mengoperasikannya, sehingga pemerintah tidak perlu menginvestasikan banyak dana.”

Perusahaan komunikasi nirkabel AS diperkirakan akan menginvestasikan dana sebesar USD. 275 miliar untuk jaringan 5G. Untuk itu perusahaan dapat menciptakan sekurangnya 3 juta kesempatan kerja untuk AS, juga manfaat ekonomi yang diperkirakan mencapai USD. 500 miliar.

Untuk mendorong investasi, administrasi Trump akan merilis spektrum 5G sebanyak dan sesegera mungkin. Federal Communications Commission (FCC) akan mengadakan lelang spektrum 5G untuk yang ketiga kalinya pada 8 Desember tahun ini.

Selain itu, administrasi Trump akan mendirikan sebuah yayasan bermodalkan dana sejumlah USD. 20,4 miliar yang akan dipimpin oleh FCC guna membangun jaringan broadband berkecepatan tinggi untuk 4 juta rumah dan usaha kecil di daerah pedesaan Amerika Serikat, sambil mendukung teknologi 5G di masa mendatang. (Sin/asr)

Video Rekomendasi :