Erabaru.net. Seorang ibu di Tiongkok tertangkap basah menendang putrinya yang berusia 3 tahun saat pemotretan menjadi model, dalam video viral yang telah memicu kemarahan online dan tuduhan pelecehan anak.

Klip pendek menunjukkan gadis kecil, yang mengenakan atasan kuning dan rok putih, ditendang dari belakang secara brutal oleh ibunya, sementara seorang pria menonton.

Sang ibu, yang tidak disebut namanya, kemudian secara terbuka meminta maaf atas tindakannya, tetapi membantah tuduhan pelecehan anak.

Wanita itu mengklaim bahwa ia berbuat demikian karena stres.

Insiden itu terjadi di kota Hangzhou di Provinsi Zhejiang di timur Tiongkok pada malam 8 April 2019, setelah gadis kecil yang bernama Niu Niu, telah melakukan pemotretan sepanjang hari, menurut Beijing News.

Sang ibu mengatakan kepada outlet itu bahwa Niu Niu, yang belum cukup umur untuk masuk taman kanak-kanak, telah menjadi model selama enam bulan dan sangat dicari oleh pengecer online yang membutuhkan anak yang imut untuk memperagakan pakaian mereka.

Video itu, yang diunggah pada 8 April 2019, beredar di media sosial Tiongkok, dan telah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Pengguna di Weibo, Twitter versi Tiongkok, dengan keras mengutuk tindakan sang ibu.

Pengguna Weibo “Orang yang Sangat Tampan” memposting: “Gadis kecil itu berperilaku sangat baik, ia meletakkan keranjangnya dengan lembut, dan bahkan tidak mengeluh setelah anda menendangnya. Anda harus meminta maaf kepada putri anda, oke? Dan periksa hati nurani anda sendiri! “

Pengguna lain “sandiesx” menulis: “Aku benar-benar sakit melihat apa yang menimpa putrimu. Saat ini seharusnya putrimu hidup tanpa beban, namun anda menggunakannya untuk menghasilkan uang. Dia bukan alat.”

Banyak toko juga telah mengambil foto Niu Niu sebagai tanggapan atas kontroversi tersebut.

Ibu Niu Niu pada tanggal 10 April 2019 mengeluarkan permintaan maaf di akun Weibo-nya.

Ibu Niu Niu mengatakan ia tidak berniat untuk menyakiti putrinya dan “sangat menyesal” atas insiden itu, tetapi membantah tuduhan pelecehan anak.

“Di sini, saya menekankan kembali, anak saya adalah yang paling saya cintai, dan benar-benar telah menerima perawatan dan cinta terbaik!”

Dalam wawancara lanjutan dengan Beijing News, sang ibu menjelaskan keadaan yang mengarah pada peristiwa dalam video.

Ia mengklaim bahwa Niu Niu sering berlari menuju jalan terbuka dan hari semakin gelap, dan ia bertindak demikian karena stres.

“Semua orang yang online mengatakan bahwa tendangan saya menyebabkan memar di tubuh putri  saya, namun apakah anda melihat memar di tubuhnya?,” Tanya sang ibu kepada outlet.

“Apa yang orangtua dapat katakan bahwa mereka tidak pernah memukul anaknya? Biasanya, saya sangat jarang memukul anak saya.”

Ia menambahkan: “Kami melakukan segala usaha,  mendorongnya dan menggodanya, supaya senyumnya lebih indah.”

“Siapa yang akan memukul anak mereka tanpa alasan?”

Sang ibu juga membantah tuduhan bahwa keluarga bergantung pada uang dari pekerjaan model Niu Niu untuk mendukung keluarga, dengan mengatakan bahwa suaminya juga memiliki pekerjaan.

Beijing News melaporkan bahwa model anak tertentu dapat menghasilkan antara 15.000 yuan hingga 150.000 yuan (sekitar 2.200 dolar Amerika Serikat hingga  22.000 dolar Amerika Serikat) setahun.

Menurut Sixth Tone, outlet berita berbahasa Inggris yang berfokus pada Tiongkok yang berafiliasi dengan media yang dikelola negara, The Paper, industri pemodelan anak di Tiongkok mulai tumbuh sejak tahun 2014. Sejak itu, ratusan ribu orangtua telah mendaftarkan anak-anaknya untuk kompetisi pemodelan, dan untuk bekerja sebagai model industri pakaian, menurut laporan tersebut.

Laporan tersebut menampilkan seorang anak yang secara teratur bekerja delapan jam sehari pada usia hanya lima tahun, dan pada beberapa hari bahkan lebih lama. (Daniel Holl/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular