Erabaru.net. Setelah menyembelih seekor ayam keluarga yang tidak pernah bertelur selama lima tahun, seorang wanita menemukan benda coklat berukuran bola tenis di dalam perut ayam tersebut, yang nilainya mungkin setara dengan 350.000 dolar Amerika Serikat.

Objek bola disebut sebagai “emas ayam” atau “harta karun ayam” di Tiongkok yang merupakan makanan yang sangat dihargai. Bila terjadi secara alami, nilainya setara dengan 3.000 dolar Amerika Serikat per gram (0,03 ons), menurut laporan video oleh Sichuan Pear, outlet berita lokal Tiongkok, pada tanggal 2 April 2019.

Ayam milik Du Xiaoxia meninggalkan objek bola seberat 115 gram (4 ons) di Sichuan, Tiongkok.

Emas Ayam, atau Harta Karun Ayam. (pengguna: Sichuan Pear / weibo.com)

Seorang penilai profesional setempat telah meyakinkan Du Xiaoxia bahwa ia benar-benar telah memiliki “emas ayam.”

Ada yang mengatakan bahwa emas ayam terbentuk dari akumulasi telur yang belum matang di dalam induk ayam.

Emas ayam menjadi bernilai karena digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok modern.

Memburu Emas Ayam

Keluarga Du Xiaoxia memelihara ayam tersebut selama lima tahun. Ibu Du Xiaoxia berkata bahwa ayam tersebut tidak pernah sekalipun bertelur. Keluarga itu kemudian memutuskan untuk memotong ayam tersebut untuk disajikan pada acara reuni keluarga besar, menurut Pear Sichuan.

Du Xiaoxia (kiri) dan Zheng Xiaoqin (kanan) setelah menemukan emas ayam. (pengguna: Sichuan Pear / weibo.com)

Setelah memotong ayam tersebut, mereka tiba-tiba menemukan benda besar di dalam perut ayam itu. Itu adalah bola emas ayam, yang ukurannya hanya sedikit lebih kecil dari bola tenis.

Ibu Du Xiaoxia bernama Zheng Xiaoqin, mengatakan pada awalnya mereka mengira itu hanya telur besar, dua kuning telur. Kemudian, mereka mengira itu bukan harta karun ayam.

Setelah membandingkan apa yang mereka temukan dengan foto online, mereka yakin bahwa mereka memiliki emas ayam. Penilai barang antik profesional memastikan harta karun ayam melalui foto-foto yang dikirim melalui telepon pintar Du Xiaoxia.

Emas Ayam, atau Harta Karun Ayam. (pengguna: Sichuan Pear / weibo.com)

“Setelah kering diangin-anginkan, dapat dijual sebagai bahan Pengobatan Tradisional Tiongkok yang berharga. Sebagai referensi berdasarkan harga dari satu hingga dua tahun terakhir, bernilai sekitar 20.000 Yuan (3.000 dolar Amerika Serikat) per gram (0,03 ons),” seorang wanita yang bekerja sebagai penilai merespons melalui telepon dalam video Sichuan Pear.

Laporan itu tidak mengatakan apakah Du Xiaoxia telah melakukan penjualan.

KebangkitanPengobatan Tradisional Tiongkok

Bahan-bahan tertentu dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok kadang bersumber dari hewan yang tidak biasa atau hampir punah. Bagian-bagian hewan yang digunakan bahkan lebih mengejutkan.

Harta karun ayam yang disebutkan di atas dikatakan sebagai bahan langka yang digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Bahan aneh lainnya adalah tulang harimau dan sisik trenggiling. Dalam kasus ini, hewan dibunuh untuk diambil bagian tubuhnya.

Tetapi banyak dari Pengobatan Tradisional Tiongkok modern telah menyimpang dari bentuk aslinya, karena pengetahuan Pengobatan Tradisional Tiongkok secara luas ditekan di Tiongkok selama perang saudara dan tahun-tahun berikutnya.

Pengobatan Tradisional Tiongkok modern adalah produk dari upaya Mao Zedong di kemudian hari untuk menghidupkan kembali pengobatan Tiongkok setelah bertahun-tahun merendahkan pengetahuan tradisional. Mao Zedong memimpin penggabungan praktik pengobatan timur dan barat selama Revolusi Kebudayaan, sebuah reformasi yang menghasilkan penciptaan jenis obat lain. (Daniel Holl/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular