Erabaru.net. Orangtua sering khawatir bahwa kaki anak-anak mereka akan terluka atau terinfeksi oleh beberapa jenis penyakit berbahaya karena berjalan tanpa alas kaki, karenanya mereka mengenakan sepatu untuk anaknya ke mana pun mereka pergi.

Namun, bertentangan dengan kepercayaan populer itu, sebuah penelitian justru mengungkapkan bahwa berjalan tanpa alas kaki sebenarnya lebih bermanfaat bagi perkembangan anak-anak dan bahkan memberikan manfaat kesehatan bagi orang dewasa juga.

Membiarkan anak berjalan tanpa alas kaki sebenarnya bagus untuk perkembangan mereka.

(Foto: Pixabay)

Sistem sensorik dalam perkembangan penuh selama awal kehidupan anak dan yang memungkinkan otak untuk belajar, beradaptasi, dan tumbuh. Semua panca indera kita — peraba, penglihatan, pendengaran, penciuman, dan rasa memungkinkan itu terjadi, tetapi rasa sentuh agak diremehkan.

Seorang chiropractor vitalistik dan anggota International Chiropractic Pediatrics Association Dr. Kacie Flegal menyatakan ada dua sistem sensorik yang penting tetapi mudah diabaikan oleh banyak orang, yaitu sistem proprioseptif dan sistem vestibular.

Pengembangan sistem ini sebenarnya dapat ditingkatkan dengan berjalan tanpa alas kaki.

(Foto: Pexels)

Proprioception adalah kemampuan untuk memahami gerakan dan posisi tubuh manusia, sedangkan sistem vestibular bertanggung jawab atas perubahan keseimbangan dan koordinasi dalam ruang. Pusat gravitasi dan postur tubuh kita juga ditentukan oleh sistem vestibular ini.

Dengan kata lain, berjalan tanpa alas kaki dapat membantu meningkatkan fungsi otak kita.

(Foto: Pxhere)

Untuk memastikan kedua sistem ini berkembang sebaik mungkin, input sensorik diperlukan — yang berarti membiarkan anak-anak Anda berjalan tanpa alas kaki sebenarnya adalah ide yang bagus. Dokter mengatakan bahwa kaki benar-benar sempurna sebagai input sensorik karena mereka dilengkapi dengan koneksi neurologis yang kuat dan memiliki banyak sel sensorik.

Membiarkan dan mendorong anak-anak Anda untuk berjalan tanpa alas kaki dapat menghasilkan kekuatan neuromuskuler yang lebih baik, sangat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan keterampilan orientasi spasial.

Merangsang kaki juga bisa menghasilkan perkembangan pusat otak yang lebih tinggi.

Kredit: Pexels

“Dengan panduan dan bidang yang lembut atau rumput, tanah, atau daun basah, dorong bayi untuk menemukan betapa hebat rasanya menginjak-injak dengan kaki telanjang! Sebagai hasilnya, Anda akan memberi mereka landasan yang bagus untuk pengembangan pusat otak yang lebih tinggi yang bertanggung jawab untuk pengendalian emosi, penyelesaian masalah, bahasa, keterampilan sosial, dan kepercayaan diri, ”tulis dokter dalam sebuah artikel.

Semua manfaat tidak hanya berlaku untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa karena koneksi saraf baru masih dapat berkembang terlepas dari usia kita.

(Foto: Pexels)

Mungkin kita harus istirahat sejenak dan melepas sepatu lebih sering mungkin.(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular