Erabaru.net. Cuplikan rekaman yang mengejutkan dari seorang karyawan yang tampaknya telah pingsan karena kelelahan telah membuat putaran di media sosial. Ini telah memicu reaksi keras dari sistem kerja 12 jam, 6 hari dalam seminggu yang didukung oleh Jack Ma dari Alibaba.

Video tersebut, awalnya dibagikan melalui aplikasi media sosial Tiongkok, WeChat, memperlihatkan seorang pria yang tampak lemah berdiri diam di tengah kantor.

Pria itu terlihat sangat tidak nyaman saat memegang ujung meja.

(Foto: Twitter / @EmilyZFeng)

Rekan-rekannya tampaknya sama sekali tidak menyadari kondisinya dan asyik dengan pekerjaan mereka.

Tiba-tiba, karyawan laki-laki itu tumbang ke lantai, dan rekan-rekannya bergegas membantu.

(Foto: Twitter / @EmilyZFeng)

Video itu juga diunggah oleh pengguna media sosial di Twitter, dengan judul, “Semua orang menghargai kehidupan, dan seorang pemuda lainnya telah jatuh. Direkomendasikan bahwa perusaan 996 perlu menyiapkan departemen darurat. “

(Foto: Twitter / @EmilyZFeng)

Perusahaan dengan sistem kerja “996” adalah perusahaan yang memberlakukan model kerja yang mengharuskan karyawan untuk bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, enam hari dalam seminggu, menurut Forbes.

Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce, Alibaba (BABA), dan salah satu orang terkaya di Tiongkok, baru-baru ini memuji model kerja tersebut, yang umum di antara perusahaan dan perusahaan pemula teknologi terbesar di negara itu.

(Foto: Wikimedia Commons)

“Jika kita menemukan hal-hal yang kita sukai, 996 bukanlah masalah,” tulis pria 54 tahun itu dalam posting di blog Weibo pada hari Minggu.

“Jika Anda tidak menyukai [pekerjaan Anda], setiap menit adalah siksaan,” tambahnya.

Komentarnya disambut dengan serangan balik dari seorang netizen dengan nama pengguna stupidcan123, yang menjawab,: “Apakah Anda pernah berpikir tentang orangtua di rumah yang membutuhkan perawatan, (atau) anak-anak yang membutuhkan teman?”

“Jika semua perusahaan memberlakukan sistem 996, tidak akan ada yang punya anak.”

Jack Ma mengatakan bahwa karyawan yang bergabung dengan Alibaba tidak akan berhasil kecuali mereka bekerja berjam-jam.

“Atau mengapa repot-repot bergabung? Kami tidak kekurangan mereka yang bekerja delapan jam dengan nyaman, “katanya.

Seorang netizen bernama “Yaluo” berbicara tentang efek negatif dari budaya kerja yang intens.

“Beberapa waktu yang lalu, untuk mengejar proyek, saya pulang kerja pada pukul satu atau dua pagi, dan kembali bekerja pada jam 8:30 pagi, dan tubuh saya hampir hancur. Saya tidak bisa mendengar dari telinga kiri saya. “

Apa pendapat Anda tentang model kerja 996?(yant)

Sumber: The Epoch Times, Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular