Erabaru.net. Sudah diketahui bahwa kismis adalah anggur kering dan mulai dikenal sekitar tahun 2000 SM, di mana itu adalah penemuan makanan yang paling penting pada saat itu.

Kismis mengandung vitamin, serat, dan mineral dalam kadar tinggi sehingga menjadi makanan ‘super’ sehingga dokter dan ahli gizi merekomendasikannya kepada pasien.

Rupanya, kismis lebih bermanfaat jika direndam semalaman dalam air, di mana air akan melarutkan nutrisi dan mineral daripada kismis dan kulit.

Karena itu, kami akan membagikan tiga manfaat dari meminum rendaman air kismis ini untuk sistem dan organ tubuh kita.

1. Hati dan usus lebih mudah untuk menyingkirkan racun

(Foto: © Shutterstock.com © Depositphotos.com)

Praktisi Ayurveda telah menggunakan kismis untuk membersihkan hati dan usus sudah sekian lama. Malah, agen detoks yang dimiliki oleh kismis disebabkan oleh tingginya jumlah antioksidan dan serat makanan dalam kismis.

Antioksidan membantu hati berfungsi lebih baik sementara serat meningkatkan pergerakan usus – membantu membersihkan usu dan usus besar. Jika dikonsumsi saat perut kosong, itu akan bekerja lebih cepat. Pastikan Anda juga makan kismis yang direndam itu!

2. Dapat merangsang energi dengan cepat

Para ilmuwan dan pakar olahraga percaya bahwa kismis dapat menjadi pengganti energi bar yang efektif. Ini karena kismis mengandung serat dan mikronutrien yang tinggi dan tanpa gula atau rasa buatan, tidak seperti kebanyakan energi bar lainnya, membuatnya sangat bergizi.

Air kismis yang berendam jika diminum setelah bangun dari tidur, dapat memberi Anda energi sepanjang hari. Anda juga bisa meminumnya sebelum mulai berolahraga.

3. Mengurangi kadar kolesterol dan menstabilkan tekanan darah

Sebuah studi menemukan bahwa kismis kaya akan serat, potasium, fitonutrien dan antioksidan dibandingkan dengan makanan ringan lainnya. Mereka yang secara teratur makan kismis memiliki tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah daripada mereka yang makan lebih sedikit.

Selain itu, ia juga mampu menurunkan laju keadatani kolesterol teroksidasi, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Meskipun bermanfaat, penting untuk dicatat bahwa itu bukan pengganti obat-obatan. Jika Anda memiliki masalah dengan hati, jantung, dan tekanan darah atau organ lain, konsultasikan dengan dokter Anda untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.(yant)

Sumber: Erabaru.net, Brightside

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular