Erabaru.net. Pada tanggal 19 April, pengadilan Tiongkok mengumumkan hukuman penjara selama beberapa tahun untuk lebih dari tiga lusin veteran militer yang memprotes kurangnya manfaat yang mereka peroleh, dengan mengatakan bahwa para mantan tentara tersebut telah mengganggu tatanan sosial dalam upaya untuk memajukan kepentingan mereka sendiri.

Pengumuman dari pengadilan di provinsi timur Shandong dan Jiangsu mengiringi demonstrasi yang berulang kali oleh veteran dari berbagai usia yang mengklaim bahwa mereka belum mendapatkan kompensasi yang memadai untuk layanan mereka.

Veteran telah lama berorganisasi secara diam-diam, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan protes yang menarik perhatian di luar kantor pemerintah dan markas Kementerian Pertahanan di Beijing yang mendesak pemerintah membentuk Kementerian Urusan Veteran tahun lalu. Kementerian Urusan Veteran dibentuk pada tanggal 19 Maret dan secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 16 April.

47 Orang yang dijatuhi hukuman hingga enam tahun telah terlibat dalam protes tahun lalu yang melibatkan ratusan mantan tentara.

Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa dengan ketat membatasi semua demonstrasi publik dan mengandalkan angkatan bersenjata untuk mempertahankan cengkeraman kekuasaannya, banyak veteran mengatakan mereka dibiarkan berjuang hidup sendiri dengan uang pensiun yang minim dan sedikit dukungan.

Keluhan semacam itu mengemuka tahun lalu ketika lebih dari 1.000 pensiunan tentara, termasuk penduduk setempat dan orang-orang yang berasal dari luar daerah, pergi ke kantor-kantor pemerintah di kota Zhenjiang, di provinsi Jiangsu.

Selama empat hari, mereka menempati sebuah plaza publik dan jalan, bernyanyi dan melantunkan lagu puji-pujian saat mereka menuntut jawaban atas dugaan pemukulan terhadap rekan veteran oleh preman yang disewa oleh pemerintah setelah rekan veteran tersebut mengajukan petisi untuk memperoleh keuntungan yang lebih baik, demikian kata para pendukung.

Adegan polisi paramiliter dan kendaraan lapis baja yang melapisi jalan-jalan Zhenjiang semakin memperburuk hubungan antara rezim Tiongkok dengan para veteran yang tidak puas. (The Associated Press/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular