Erabaru.net. Cuplikan kamera pengawasan meliput seorang lelaki tua yang memaksa duduk di atas pangkuan seorang wanita setelah wanita tersebut menolak memberikan tempat duduknya kepadanya. Ketika pengemudi bus mencoba untuk meleraikan, wanita itu mendorong lelaki tua tersebut ke lantai.

Insiden itu terjadi di kota Lanzhou di provinsi Gansu di barat laut Tiongkok pada tanggal 13 April, menurut beberapa outlet berita online.

Sebuah kamera pengawasan yang menghadap bagian belakang bus mengungkapkan bahwa semua tempat duduk di dalam bus terisi penuh. Seorang lelaki tua berjanggut putih dan berpakaian serba hitam memaksa agar seorang wanita berambut pendek, yang duduk di tempat duduk dekat pengemudi, berdiri untuk memberinya duduk di situ.

Pertengkaran semakin memanas ketika wanita tersebut menyahut sambil menunjukkan jarinya ke arah lelaki tua itu,”Aku tidak akan memberikanmu duduk di sini,” yang terdengar dalam rekaman kamera pengawasan.

“Jika kamu tidak memberikan tempat duduk itu kepadaku, aku akan tetap duduk,” jawab lelaki tua itu, mulai menyikut wanita itu.

Semua penumpang duduk diam dan menyaksikan pertengkaran itu, sebuah fenomena umum di Tiongkok di mana orang-orang akan diperas jika  terlibat dalam suatu perselisihan.

Wanita itu mendorong lelaki tua itu supaya lelaki tua itu tidak duduk di atas pangkuannya, namun tidak berhasil. Pertengkaran mereka semakin sengit, dan akhirnya lelaki tua itu berhasil duduk di atas pangkuan wanita itu.

Pengemudi bus kemudian menghentikan bus dan berusaha menyelesaikan perselisihan itu. Ia  memegang lengan lelaki tua itu dan menunjuk ke sebuah tempat duduk kosong di bagian belakang bus. Lelaki tua itu mulai berdiri, tetapi wanita itu mengatakan sesuatu yang tidak disukainya.

“Aku akan memanggil polisi,” kata wanita itu dalam rekaman kamera pengawasan, sambil menunjukkan jarinya ke wajah lelaki tua itu.

Lelaki tua itu kemudian berusaha dua kali untuk menampar wanita tersebut, tetapi pengemudi bus turun tangan dan menghentikan konflik agar tidak meningkat menjadi konflik fisik.

Pengemudi bus, sekali lagi, meyakinkan lelaki tua itu untuk pindah ke kursi belakang, tetapi pada saat itu wanita tersebut mengeluarkan amarahnya.

Wanita itu menjambak pakaian lelaki tua itu di bagian punggungnya dan menariknya ke arah pangkuannya. Meskipun satu lengan lelaki tua itu  masih disanggah oleh pengemudi bus, lengannya yang lain terlepas dari tiang pegangan dan terjatuh ke lantai.

Lelaki tua itu mengerang kesakitan.

“Aku tidak memukulnya,” kata wanita itu dua kali, seperti yang terdengar dalam rekaman kamera pengawasan.

Pengemudi bus dan penumpang lainnya hanya terdiam menyaksikan.

Menurut beberapa laporan, lelaki tua itu masih tidak mampu untuk berdiri saat polisi Lanzhou tiba. Outlet berita lokal melaporkan bahwa polisi datang dan menyelesaikan situasi. Di Tiongkok Daratan, biasanya polisi memfasilitasi ganti rugi antara pihak yang bersengketa, biasanya polisi membela pihak yang telah menderita cedera fisik yang lebih parah.

Tidak ada laporan mengenai cedera yang diderita oleh salah satu pihak. (Daniel Holl/ Vv)

Mari saksikan videonya:

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular