Erabaru.net. Dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang polusi plastik, pemilik kafe dari Pulau Siargao di Philipina membuat langkah luar biasa untuk mengganti semua sedotan plastik dengan sedotan “lukay” yang ramah lingkungan.

“Lukay” adalah istilah lokal untuk daun palm atau daun kelapa.

Polusi plastik telah menjangkiti populasi dunia karena masalahnya telah meluas hingga mengancam kehidupan laut dan laut.

Oleh karena itu, pemilik kafe beralih menggunakan sedotan yang ramah lingkungan dan bukan plastik.

(Foto: Facebook / Kafe Editha)

Pemilik kafe, Sarah Tiu, dari Cafe Editha di Dapa, Surigao del Norte mengambil inspirasi untuk menggunakan sedotan lukay dari perjalanannya ke Pulau Corregidor di Siargao.

“Kami membeli buko segar dan mereka hanya memotong lukay, lalu membuatnya menjadi sedotan. Jadi kami meminta mereka untuk mengajari kami [karena] kami sangat terkesan dengan gagasan itu, ”kata Tiu dalam sebuah wawancara dengan INQUIRER.net.

Pemilik kafe berusia 37 tahun itu mencoba menggunakan berbagai jenis sedotan termasuk sedotan stainless steel sebagai pengganti sedotan plastik.

(Foto: Facebook / Kafe Editha)

Namun, alternatif itu tidak mendapat respons positif dari pelanggannya.

“Kami mencoba menggunakan sedotan stainless dan sedotan kertas, tetapi pelanggan kami tidak suka menggunakannya,” tambah Tiu.

Dia kemudian mulai menggunakan sedotan lukay sebagai pengganti karena mudah dibuat dan diurai.

Inisiatif ramah lingkungannya kemudian menerima pujian dari netizen yang terkesan dengan kreatifnya mengambil alternatif dari sedotan plastik.

I got this idea when we visited Correigidor and I'm very impressed. ?????? LUKAY straw is easy to make and…

Cafe Editha 发布于 2019年4月24日周三

Postingannya tentang sedotan lukay telah mengumpulkan ribuan suka dari netizen dan telah dibagikan puluhan ribu kali.

Dia juga membagikan video tutorial tentang cara membuat sedotan lukay (daun kelapa) dari awal. Tonton videonya di sini.(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular