Erabaru.net. Kantong plastik biodegradable sekarang dapat menjadi semakin populer tetapi ada masalah yang sangat signifikan yaitu mudah sobek atau ditarik dan terputus.

Namun, sekelompok ilmuwan Korea Selatan telah menemukan cara untuk mengatasi masalah ini karena mereka telah berhasil mengembangkan versi baru dari kantong plastik yang mudah terurai tetapi lebih kuat dan kekuatan tarik yang lebih baik.

Korea Research Institute of Chemical Technology (KRICT) telah mengumumkan bahwa tim riset mereka dipimpin oleh Dr. Oh Dong-yeop, Dr Hwang Seong-yeon, dan Dr. Park Jae-young telah mengembangkan kantong plastik biodegradable yang mampu menyaingi kantong plastik konvensional.

(Foto: Korea Research Institute of Chemical Technology)

Studi mereka menunjukkan bahwa kantong plastik biodegradable ini akan terurai dalam waktu enam bulan. Itu terbuat dari pohon tebu, kayu, jagung dan jerami dengan kandungan monomer dari minyak bumi.

Versi baru dan lebih baik dari kantong plastik biodegradable akan memecahkan masalah utama dari jenis kantong plastik karena cenderung robek dan terputus saat digunakan.

Para peneliti dari Korea Selatan mengatasi masalah ini dengan menambahkan ekstraktor yang diekstraksi dari bubur kayu dan cangkang kepiting untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan kantong plastik biodegradable.

Ini sama kuatnya dengan nilon yang digunakan pada parasit dan sabuk pengaman.

(Foto: Korea Research Institute of Chemical Technology)

Kantong plastik biodegradable yang baru ini juga dapat melampaui kekuatan bahan plastik biasa seperti ‘polypropylene’ dan ‘polyethylene’.

“Kami berharap bahan plastik yang digunakan di pusat perbelanjaan, kafe dan perdagang lainnya akan diganti dengan produk kami,” kata Dr. Hwang Seong-yeon, kepala pusat penelitian biokimia di KRICT.

Ini akan membantu konsumen untuk mengubah prioritas mereka dalam menggunakan kantong plastik biodegradable daripada kantong plastik konvensional.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Sementara kantong plastik biodegradable hanya membutuhkan waktu antara tiga dan enam bulan untuk terurai, kantong plastik biasa membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai terurai.

Biasanya, barang-barang plastik biasa membutuhkan waktu antara 10 dan 1000 tahun sebelum semuanya mulai terurai sedangkan botol plastik membutuhkan waktu 450 tahun atau lebih untuk terurai. Bayangkan dampaknya terhadap lingkungan sekitar.(yant)

Sumber: Erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular