Erabaru.net. Karena terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, Philipina adalah salah satu negara yang sering mengalami aktivitas vulkanik dan gempa Bumi biasa dengan magnitudo lebih kecil.

Karena itu, para ahli Philipina muncul dengan ide dan telah mengembangkan semacam meja pelindung gempa untuk siswa taman kanak-kanak. Ciptaan ini juga berfungsi sebagai sistem peringatan gempa.

Departemen Sains dan Teknologi (DOST) mengeluarkan pernyataan bahwa sekelompok peneliti dari Philippine Normal University (PNU), Universitas De La Salle, dan Universitas Teknologi Filipina telah mengembangkan meja belajar otomatis tahan dampak tinggi untuk anak-anak prasekolah.

Itu disebut LAMESA atau Life-Saving Automated Mesa to Endure Seismic Activity.

(Foto: Yahoo! Philipina)

“LAMESA menggabungkan teknologi dengan pengembangan kapasitas dalam hal pengetahuan dan infrastruktur untuk mengatasi bencana yang mungkin terjadi, terutama di lembaga-lembaga pendidikan,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

“LAMESA dilengkapi dengan accelerometer, perangkat yang merasakan gerakan, yang mengumpankan pengukuran seismik ke mikrokontroler berkemampuan Wi-Fi. Mikrokontroler ini kemudian secara bersamaan memicu aktuator yang menyebabkan bagian atas meja melipat 16 derajat ke atas. “

Bagian atas meja dari meja LAMESA terbuat dari baja dan dilapisi dengan cat epoksi agar tahan lama sehingga anak-anak prasekolah dapat dengan mudah bersembunyi di bawah meja.

(Foto: Yahoo! Philipina)

Ada juga tempat penyimpanan dengan pintu geser untuk menjaga peralatan penerangan, makanan, dan persediaan air untuk hingga sembilan anak.

Pemimpin tim peneliti Dr. Marie Paz E. Morales dari Philippine Normal University menyatakan bahwa gempa kuat yang dapat menyebabkan puing rata-rata berlangsung sekitar 30 hingga 40 detik.

Waktu respons LAMESA selama empat detik menyediakan cukup waktu untuk melindungi anak-anak dari puing-puing selama gempa Bumi.

(Foto: Yahoo! Philipina)

Para peneliti saat ini terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan desain prototipe LAMESA.(yant)

Sumber: Goodtimes, Yahoo! Philippines

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular