Erabaru.net. Dalam skandal penerimaan perguruan tinggi Amerika Serikat yang sedang berlangsung, sebuah keluarga dari Tiongkok diduga menyuap 6,5 juta dolar Amerika Serikat supaya putrinya kuliah di Universitas Stanford di California, Los Angeles, demikian Times melaporkan pada tanggal 1 Mei.

Yusi Zhao, juga dikenal sebagai Molly, berhasil kuliah di Universitas Stanford pada musim semi 2017 setelah keluarganya, yang tinggal di Beijing, membayar sejumlah uang tersebut kepada penasihat perguruan tinggi William “Rick” Singer, Times melaporkan, mengutip sumber-sumber anonim.

Jumlah 6,5 juta dolar Amerika Serikat sebelumnya direferensikan dalam dokumen pengadilan sebagai pembayaran tertinggi yang diduga dibuat untuk William “Rick” Singer dalam skema yang disusunnya, yang memungkinkan orangtua kaya untuk menipu dan menyuap supaya anak-anaknya dapat kuliah di universitas terkenal. Namun, tidak ada nama yang terlampir pada bukti pembayaran.

Keluarga Yusi Zhao bertemu William “Rick” Singer melalui penasihat keuangan Morgan Stanley. Aplikasi perguruan tinggi Yusi Zhao menyatakan bahwa ia adalah pelaut yang kompetitif, padahal ia tidak pernah berkompetisi dalam olahraga, Times melaporkan.

William “Rick” Singer adalah pendiri Edge College & Career Network, meninggalkan pengadilan federal di Boston setelah ia mengaku bersalah atas tuduhan skandal penyuapan penerimaan perguruan tinggi nasional pada tanggal 12 Maret 2019. (Steven Senne / AP Photo)

Pada bulan April, Universitas Stanford mengusir seorang mahasiswi yang terlibat skandal penerimaan perguruan tinggi, yang membuat catatan pelayaran dalam permohonannya. Namun, Universitas Stanford tidak mengidentifikasi mahasiswi tersebut.

Keluarga Tiongkok tersebut belum dituntut  dalam kasus itu.

Pada bulan Maret, jaksa federal mendakwa 54 orang dalam skema tersebut, termasuk William “Rick” Singer dan 33 orangtua seperti bintang “Desperate Housewives” Felicity Huffman dan aktris “Full House” Lori Loughlin. William “Rick” Singer dan Felicity Huffman adalah di antara lebih dari dua lusin terdakwa yang mengaku bersalah.

Menurut dakwaan, William “Rick” Singer menerima suap 25 juta dolar Amerika Serikat untuk melaksanakan skema curang tersebut.

Aktris Felicity Huffman tiba di pengadilan federal di Boston untuk menghadapi dakwaan dalam skandal suap penerimaan perguruan tinggi nasional pada tanggal 3 April 2019. (Charles Krupa / AP Photo)

Sementara banyak orangtua yang telah dikenakan bayaran berjumlah antara 250.000-400.000 dolar Amerika Serikat untuk layanan penerimaan ilegal, di mana adalah keluarga dari Tiongkok diduga membayar paling mahal, Wall Street Journal baru-baru ini melaporkan.

Wall Street Journal melaporkan bahwa keluarga lain dari Tiongkok membayar 1,2 juta dolar Amerika Serikat supaya untuk Sherry Guo yang berusia 21 tahun dapat kuliah di Universitas Yale. Sherry Guo diidentifikasi dalam dokumen pengadilan sebagai “Pemohon Yale 1.” Sherry Guo adalah penduduk asli Tiongkok yang pertama kali pindah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan sekolah menengah umum, Wall Street Journal melaporkan.

William “Rick” Singer diduga mendaftarkan Sherry Guo sebagai atlet yang direkrut dalam lamaran Yale-nya, Wall Street Journal melaporkan. Sherry Guo sudah tidak kuliah lagi di kampus tersebut, demikian konfirmasi seorang pengacara kepada Wall Street Journal.

Keluarga Sherry Guo juga belum dituntut.

Isabella Giannulli, Lori Loughlin, dan Olivia Giannulli menghadiri Teen Choice Awards 2017 di Galen Center di Los Angeles, California, pada tanggal 13 Agustus 2017. (Frazer Harrison / Getty Images)

Pada bulan April, Felicity Huffman setuju mengaku bersalah atas tuduhan terkait karena membayar 15.000 dolar Amerika Serikat untuk amal palsu yang terkait dengan William “Rick” Singer untuk memfasilitasi kecurangan nilai Uji Penerimaan Stanford bagi putrinya. Felicity Huffman menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Sementara itu, aktris Lori Loughlin dan suaminya Mossimo Giannulli menyatakan tidak bersalah atas tuduhan pencucian uang dan penipuan surat pada tanggal 15 April. Pasangan itu diduga membayar 500.000 dolar Amerika Serikat untuk organisasi nirlaba yang menipu yang dikelola oleh William “Rick” Singer supaya putri mereka, bintang YouTube Olivia Jade yang berusia19 tahun, dan Isabella yang berusia19 tahun dapat kuliah di Universitas Southern California. William “Rick” Singer membantu kedua gadis ini supaya diterima dengan menyatakan bahwa mereka adalah atlet siswa. (Cathy He/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular