Erabaru.net. Selain kenaikan harga perumahan yang konstan setiap tahun, situasi ekonomi yang tidak stabil membuat kaum pekerja muda sulit untuk membeli rumah sendiri.

Menyadari masalah ini, seorang arsitek lokal berbakat dari Hong Kong, James Law , memutuskan untuk mencari cara yang lebih murah untuk menyediakan perumahan murah dan menemukan satu ide bagus. Gagasan Law adalah membangun rumah menggunakan bahan yang tidak konvensional seperti pipa beton untuk saluran air.

Penemuan ini dibuat khusus untuk melayani orang kaum pekerja muda yang ingin memiliki rumah sendiri.

(Foto: Dezeen)

Rumah akan dibangun menggunakan pipa beton.

(Foto: Dezeen)

Menurut statistik oleh konsultan demografi Amerika, Hong Kong terdaftar dalam 10 wilayah paling sulit untuk membeli rumah di dunia selama tujuh tahun berturut-turut. Karena itu, Law bertekad untuk menyelesaikan masalah ini melalui perusahaannya sendiri, James Law Cybertecture dan keluar dengan gagasan luar biasanya.

Pipa pipa beton besar ini digunakan untuk membangun rumah kecil di dalamnya, dengan fungsi dan kepraktisan yang lengkap.

(Foto: Dezeen)

Dikenal sebagai Perumahan Tabung O-POD, rumah ini berukuran sekitar 30 persegi dan dapat menampung 1 hingga 2 orang.

(Foto: Dezeen)

Ini mungkin terlihat sedikit terlalu kecil untuk sebuah rumah, pipa pipa beton dapat melindungi penghuninya dari kebakaran, angin, cuaca panas, dan suara bising. Bukan hanya itu, tetapi juga bisa menahan tekanan luar biasa.

Yang lebih menarik lagi, rumah pipa ini dilengkapi dengan perabotan dasar, sofa konvertibel yang dapat digunakan sebagai tempat tidur, kulkas mini, dan beberapa kebutuhan penting lainnya.

Meskipun ruang yang tersedia terbatas, rumah kecil ini juga dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi juga!

(Foto: Dezeen)

Terlihat bagus dan rapi.

(Foto: Dezeen)

Diameter rumah pipa sekitar 2,5 meter. Berkat desainnya yang ringkas dan hemat ruang, rumah pipa yang dihubungkan dengan tangga sederhana ini dapat ditempatkan di lorong sempit di antara bangunan dan disusun dalam tumpukan.

Karena pipa beton ini beratnya sekitar 22 ton, maka tidak mudah untuk memindahkannya atau menyimpannya di mana saja.

(Foto: Dezeen)

Tetapi karena fitur stabilisasi yang mudah, biaya pemasangan cenderung lebih murah.

(Foto: Dezeen)

Harga saat ini yang disarankan untuk rumah adalah 120.000 Dolar Hong Kong (sekitar Rp 219 juta) dan saat ini masih dalam tahap prototipe.

Semoga proyek ini akan berhasil dan banyak anak muda akan mampu membeli rumah mereka sendiri di masa depan.(yant)

Sumber: Goodtimes, Dezeen

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular