- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Fenomena Alam yang Mengerikan

Erabaru.net. Fenomena alam bisa terjadi kapan saja, fenomena ini bisa memunculkan hal yang indah juga bisa menakutkan. Pusaran air yang terjadi secara alami ini sangat menakjubkan, karena pusaran dapat berubah-ubah dalam ukuran dan dampaknya.

Janis Astics mampu menangkap pusaran air, tampaknya ini tidak berbahaya di dekat tepi Sungai Daugava di Dviete, Latvia.

[1]

Segera setelah itu, pusaran kecil ini muncul secara substansial dengan kekuatan yang menakjubkan.

Astic menyebut ini sebagai “hal menakjubkan yang mengerikan” pada awalnya fenomena itu hanya biasa-biasa saja. Lama kelamaan pusaran air itu mampu menelan potongan es, ranting dan juga sampah-sampah yang lain.

Sebelum fenomena itu muncul permukaan air itu dipenuhi dengan potongan-potongan es, dan sekarang potongan-potongan es itu habis ditelan pusaran air.

[2]

Dengan waktu yang sempurna, Astics mampu menangkap fenomena perluasan pusaran air pada film ini. Meskipun luar biasa, fenomena ini biasanya tidak mungkin untuk diamati dalam jarak yang dekat.

Video di bawah ini diambil oleh Janis Astics yang menggunakan kamera khusus untuk melihat bagaimana pusaran air itu tumbuh di alam (hasil yang paling luar biasa terjadi setelah menit ke 4:00). Ketika Anda menonton video di bawah ini, pastikan untuk tetap mengawasi pusat pusaran air.

[2]

Perhatikan bahwa banyaknya massa yang dihisap tampaknya hilang tanpa jejak. Kemana semua materi ini pergi? Untuk memiliki gagasan tentang nasib semua puing dan es ini, kita harus memahami cara kerja pusaran air.

Pusaran air adalah arus melingkar di air yang biasanya dibuat ketika dua arus berlawanan bertemu. Ketika arus mulai bercampur, corong air terbentuk dari Efek Coriolis, mirip dengan cara pengosongan bak mandi ketika sumbat ditarik keluar dari saluran pembuangan.

Puing dipaksa masuk melalui pusaran, biasanya berakhir dibuang di ujung bawah corong. Dalam kasus pusaran air yang ditangkap pada film di atas, sejumlah besar puing kemungkinan besar berakhir di dasar sungai, atau mungkin dibuang jauh di bawah air. (rpg)

Source:sfglobe

Video Rekomendasi: