Erabaru.net. Pada tanggal 20 Mei lalu, di Rumah Sakit Universitas Krakow (Polandia), seorang wanita hamil berusia 29 tahun berhasil melahirkan 4 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Ini adalah kelahiran kembar 6 yang sangat langka di dunia dengan probabilitas satu dari 4,7 miliar kelahiran.

Menurut Rumah Sakit Universitas Krakow, 6 bayi lahir pada minggu ke-29 kehamilan melalui operasi caesar. Bayi tertua memiliki berat 1,35 kg dan bayi paling ringan berbobot 890 g.

Jumlah bayi yang dilahirkan ini membuat dokter terkejut karena mereka sebelumnya memperkirakan hanya lima anak yang lahir. Ini adalah persalinan kedua sang Ibu, dari proses kehamilan pembuahan alami. Dua setengah tahun yang lalu, dia sudah pernah melahirkan seorang anak laki-laki.

Profesor Ryszard Lauterbach, kepala Departemen Rumah Sakit Universitas Krakow, mengatakan itu adalah catatan rekor, kelahiran kembar enam pertama di Polandia.

Menurut kantor berita AFP, Dr. Lauterbach mengatakan bahwa Ibu bayi-bayi itu “sangat bahagia”. Ibu muda, yang berusia di bawah 30 tahun, memiliki seorang putra berusia 2 tahun di rumah.

Sejauh ini di dunia, hanya ada 20 kelahiran kembar 6. Kredit foto: TRIBUNE

Juru bicara rumah sakit mengatakan operasi caesar berhasil melampaui harapan dokter kandungan dan bayi baru lahir, karena tingkat keberhasilan kelahiran dari kembar 6 ini sangat kecil sekali, sekitar 1 dari 28 kelahiran.

Selain itu, perawatan selama masa kehamilan Ibu juga merupakan suatu prestasi, karena sulit bagi dokter dan Ibu itu sendiri, untuk memberi perawatan yang cukup, kepada enam janin yang dikandung sang Ibu.

untuk memiliki akhir yang bahagia dalam kasus besar kehamilan ganda.

Saat ini ke-6 bayi dirawat di inkubator. Tim medis menilai bahwa bayi-bayi itu pulih dengan cepat dan akan segera ditempatkan di luar inkubator.

Andrzej Duda, Presiden Polandia mengirim salam kepada keluarga bersalin serta para dokter. Tim lokal Cracovia menawarkan untuk mensponsori tiket bola seumur hidup untuk ke-6 bayi.

Kelahiran 6 sangat jarang di dunia dengan kemungkinan 1 dari 4,7 miliar kelahiran.

Sejauh ini di seluruh dunia ada sekitar 20 kelahiran bayi kembar 6. (Thanh Thanh/ Jul)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular