- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Memungut Batu Aneh, Ternyata Itu Adalah Benda yang Telah Berumur 66 Juta Tahun!

Erabaru.net. Sekelompok wisatawan Tiongkok sedang berjalan-jalan berkeliling, dan tanpa sengaja menemukan sebuah batu aneh yang ditutupi lumpur tebal, tanpa mengetahui bahwa itu adalah fosil telur dinosaurus yang telah berusia sekitar 66 juta tahun.

Pada bulan Oktober 2018, sekelompok wisatawan Tiongkok berkeliling di sekitar areal vegetasi yang lebat di area pedesaan, di Pingxiang, Provinsi Jiangxi, Tiongkok.

[1]
Sekelompok wisatawan yang berjalan-jalan di area vegetasi lebat. Kredit: tinnhanh.dkn.tv

Ketika berjalan-jalan di sekitar wilayah vegetasi yang lebat di Pingxiang itu, mereka menemukan sebuah “batu yang aneh.”

Batu itu bentuknya agak tidak biasa, sehingga mereka merasa tertarik, dan memutuskan untuk membawa ke sebuah museum setempat untuk diperiksa.

[2]
“Batu aneh” yang ternyata adalah fosil telur dinosaurus. Kredit: tinnhanh.dkn.tv

Setelah menjalani proses analisa, para ahli menyimpulkan bahwa “batu aneh” itu adalah fosil telur dinosaurus, yang berasal dari jaman Cretaceous (sekitar 145,5 juta sampai 66 juta tahum lalu). Semua telur kemudian diserahkan ke museum di Binh Huong untuk dijaga dan diteliti.

[3]
Di wilayah Yiwu memang sering ditemukan jejak fosil dinosaurus. Kredit: tinnhanh.dkn.tv

Sebelumnya, South China Morning Post melaporkan bahwa Oktober lalu, ada fosil telur dinosaurus yang ditemukan di Yiwu, sebelah Timur Provinsi Zhejiang, sebuah area yang penuh dengan jejak dinosaurus, di Tiongkok.

Menurut pejabat setempat, fosil telur dinosaurus pertama kali ditemukan di Yiwu, pada tahun 1993. Para arkeolog telah menemukan fosil jejak kaki dari lebih dari 100 binatang di situ. (Jul)

VIDEO REKOMENDASI