Erabaru.net. Sebagian besar dari kita mungkin pernah melihat makhluk kecil ini terbang di suatu tempat di toilet, saluran air, atau area basah. Berwarna gelap dan tampaknya memiliki kemampuan terbang yang sangat buruk, kebanyakan orang berpikir bahwa mereka semacam ngengat. Yang mengejutkan, itu bukan!.

Lain kali Anda melihat mereka, pastikan untuk menahan diri dari keinginan membunuhnya karena mereka bukan ngengat, tetapi sebenarnya, lalat limbah — dan itu sangat kotor. Lalat limbah ini sering muncul di dekat urinoir dan terbang begitu seseorang mendekati atau ketika mereka terganggu.

Berbeda dengan lalat dan nyamuk pada umumnya, lalat ini terbang kurang dari satu meter pada satu waktu dan hinggap di dekatnya — karena kemampuan terbangnya yang buruk.

Lalat dewasa biasanya sering berada urinoir, tangki septik, saluran pembuangan dan lubang drainase — rumah bagi penyebaran kuman.

(Foto: setn)

Kehadiran lalat limbah ini menunjukkan bahwa suatu tempat mungkin basah dan agak kotor karena mereka menyukai tempat-tempat kotor. Larva lalat ini biasanya hidup di selokan atau pipa air dan memakan bahan organik. Karena mereka dilahirkan di saluran yang kotor, tubuh lalat limbah ini ditutupi rambut yang lebat.

Kita mungkin tidak melihatnya, tetapi rambut yang lebat ini memudahkan mereka untuk membawa kuman dan patogen ketika mereka terbang di dalam ruangan.

(Foto: Judy Gallagher/flickr)

Ketika kita menangkap dan meneouk lalat limbah ini dengan tangan kosong, kuman-kuman yang kotor tidak hanya akan naik ke udara tetapi juga berpindah ke tangan kita. Jika terhirup, itu dapat menyebabkan alergi trakea dan asma pada beberapa orang.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga lingkungan kita tetap bersih dan kering untuk menghindari invasi lalat ini .

Jika Anda melihatnya di kamar mandi, pastikan untuk memperhatikan kebersihan kamar mandi dan menjaganya tetap berventilasi. Singkirkan air yang tergenang di dalam atau di luar rumah karena mereka menyukai tempat-tempat seperti itu.

Tidak mudah untuk menghentikan perkembangan lalat-lalat ini sekaligus, tetapi kita dapat mulai mencegahnya dengan menutup lubang pembuangan dengan benar.(yant)

Sumber: Goodtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular