Erabaru.net. Huawei telah dikeluarkan dari tiga organisasi penetapan standar utama, pukulan terakhir bagi Huawei akibat larangan ekspor Amerika Serikat.

Asosiasi SD, kelompok dagang yang menetapkan standar untuk kartu SD dan micro SD, menghapus Huawei dari daftar anggotanya. Menurut situs web berita teknologi Otoritas Android, ini berarti produsen telepon pintar terbesar kedua di dunia tidak akan dapat menggunakan slot SD atau kartu microSD dalam desainnya di masa depan.

Sementara itu, JEDEC Solid State Technology Association, sebuah badan yang menetapkan standar untuk semikonduktor, mengatakan kepada Asian Nikkei Review bahwa Huawei secara sukarela menarik keanggotaannya.

Aliansi Wi-Fi, organisasi yang menetapkan standar untuk teknologi nirkabel, juga memberitahu Asian Nikkei Review bahwa “sementara ini membatasi” partisipasi Huawei.

Setelah larangan Amerika Serikat, yang secara efektif melarang Huawei melakukan bisnis dengan pemasok Amerika Serikat, beberapa perusahaan Amerika, termasuk Google, Microsoft, Qualcomm, dan Intel, menangguhkan bisnis mereka dengan Huawei.

Perusahaan asing juga mengikuti, termasuk ARM perancang chip yang berbasis di Inggris, produsen chip Jerman Infineon Technologies, pemasok komponen Jepang Toshiba.

Asosiasi SD

Asosiasi SD, dalam sebuah pernyataan kepada Otoritas Android pada tanggal 24 Mei, memastikan bahwa Asosiasi SD menghapus Huawei dari daftar anggotanya sesuai dengan larangan Amerika Serikat.

Ke depan, Huawei akan dilarang menggunakan solusi penyimpanan di salah satu perangkatnya.

Sebagian besar telepon seluler Huawei menggunakan kartu microSD, tetapi seri P30 dan Mate20 terbaru menggunakan kartu Nano Memory miliknya sendiri, yang harganya empat kali lipat dari harga kartu microSD.

Sebuah analisis oleh media Tiongkok cnBeta pada tanggal 24 Mei mengatakan kartu Nano Memory Huawei tidak mungkin menjadi solusi penyimpanan utama di pasar karena harganya yang tinggi dan rekam jejak yang terbatas. Produsen telepon seluler lain juga tidak mungkin menggunakan teknologi ini, kata outlet itu.

JEDEC

JEDEC adalah grup standar semikonduktor yang memperhatikan produsen chip Qualcomm, Cisco, HP, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), Samsung Semiconductor, dan Toshiba Memory di antara para anggotanya.

Menjadi anggota JEDEC memberi perusahaan hak untuk berpartisipasi dalam pemrosesan penetapan standar, dan dengan demikian memengaruhi standar yang mendukung bisnisnya.

Media Taiwan Technews pertama kali melaporkan pada tanggal 22 Mei bahwa Huawei dan anak perusahaan produsen  chipnya HiSilicon diskors dari JEDEC sebagai akibat pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Informasi ini dikonfirmasi oleh juru bicara JEDEC pada tanggal 24 Mei yang mengatakan Huawei secara sukarela keluar dari organisasi, Asian Nikkei Review melaporkan.

Sementara standar yang diterbitkan oleh JEDEC terbuka untuk seluruh industri, pengecualian Huawei dari proses penetapan standar berarti sekarang Huawei terdegradasi untuk sekadar mengikuti standar tersebut jika ingin bersaing di pasar luar negeri.

Aliansi Wi-Fi

Aliansi Wi-Fi adalah jaringan perusahaan di seluruh dunia yang memasok layanan koneksi internet nirkabel. Aliansi Wi-Fi juga memiliki merek dagang Wi-Fi.

Aliansi Wi-Fi mendefinisikan standar untuk teknologi dan program Wi-Fi, dan menyatakan apakah produk memenuhi standar tersebut.

Aliansi Wi-Fi mencakup perusahaan seperti Apple, Cisco, Intel, Qualcomm, Microsoft, Dell, Nokia, Samsung, Sony, LG, Broadcom, Comcast, dan instrumen Texas.

Pada tanggal 24 Mei, Huawei “sementara dibatasi” dari Aliansi Wi-Fi karena larangan Amerika Serikat, menurut Asian Nikkei Review.

Seorang eksekutif senior industri chip yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Asian Nikkei Review bahwa: “Aliansi dan konsorsium itu sebagian besar untuk perusahaan-perusahaan besar Barat yang berkantung tebal untuk menunjukkan kekuatan mereka dan untuk memberikan kontribusi ketika standar baru dirumuskan.”

Eksekutif senior industri chip tersebut menambahkan bahwa “[Huawei] selalu dapat mengembangkan standarnya sendiri di Tiongkok, tetapi jika anda pergi ke luar negeri dan terhubung ke jaringan orang lain, anda harus menerima standar tersebut.” (Nicole Hao/ Vv)

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular