Erabaru.net. Setelah mengetahui bahwa ia akan lumpuh seumur hidupnya setelah kecelakaan tragis, Phongsathorn Amwet yang berusia 18 tahun memutuskan untuk menjadi donor organ. 3 hari kemudian, keinginan terakhirnya terkabul.

Dalam kecelakaan tragis yang terjadi baru-baru ini di Bangkok, Thailand, Phongsathorn terluka parah dan dia menderita gegar otak saat kecelakaan mobil.

Syukurlah, dia segera dilarikan ke rumah sakit Chiang Rai di mana dia menjalani operasi.

Sayangnya, pemuda itu kemudian diberitahu bahwa dia akan lumpuh selama sisa hidupnya karena cedera serius yang dideritanya setelah kecelakaan itu.

Patah hati oleh berita yang tak terduga, Phongsathorn merasa hancur tetapi kemudian, dia mengatakan kepada dokter bahwa dia ingin menyumbangkan organnya setelah dia meninggal.

(Foto: China Press)

Hanya tiga hari kemudian, Phongsathorn meninggal dan keluarganya diberitahu tentang keputusannya untuk menjadi donor organ.

Keluarganya terutama ayahnya, Vachala, 56 tahun, pada awalnya tidak setuju setelah mengetahui keinginan almarhum putranya untuk menyumbangkan organnya.
  

(Foto: Chiang Rai Report)

Namun, ketika mereka kemudian diberi tahu bahwa organ yang disumbangkan Phongsathorn dapat menyelamatkan setidaknya sejumlah nyawa, mereka akhirnya memahami keinginannya.

Setelah kematiannya, jantung Phongsathorn kemudian pergi ke seorang pasien yang menderita gagal jantung sementara ginjalnya menyelamatkan dua pasien yang mengalami gagal ginjal.

(Foto: Chiang Rai Report)

Sementara itu, hatinya menyelamatkan pasien lain dan kornea matanya menyelamatkan dua pasien buta.

Saat ini, di Thailand ada 6241 pasien yang masih menunggu untuk transplantasi organ yang 6.000 di antaranya membutuhkan transplantasi ginjal sementara yang lain membutuhkan hati, jantung, dan paru-paru baru.

Namun, hanya ada 111 orang yang menyumbangkan organ mereka pada 2019 dan hanya 255 pasien yang berhasil menjalani transplantasi organ.

Phongsathorn mungkin telah meninggal karena kecelakaan yang sangat mengerikan tetapi kematiannya jelas tidak berakhir dengan sia-sia. Bahkan di akhirat, ia berhasil menyelamatkan enam nyawa lainnya berkat organ yang ia sumbangkan.(yant)

Sumber: Goodtimes.

 

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular