Erabaru.net. Buah-buahan adalah sumber serat yang bagus untuk tubuh kita. Selain itu, ini memasok kita dengan hidrasi yang memadai karena sebagian besar buah mengandung kadar air yang tinggi. Nanas adalah salah satu buah yang kaya air yang memiliki banyak vitamin C.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan baru-baru ini, ditemukan bahwa memasukkan 100-300 gram nanas dalam makanan Anda setiap hari dapat mengurangi gejala yang disebut ‘eye floaters’.

Apakah ‘eye floaters’ itu?

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Dalam istilah awam, itu adalah bintik-bintik seperti bayangan gelap yang tampaknya bergerak dan mengambang ketika seseorang melihat sesuatu. Kondisi ini terutama dipengaruhi oleh perubahan terkait usia yang dipicu ketika zat seperti jeli (cairan kaca) di dalam mata Anda menjadi lebih cair. Ketika vitreous menyusut dengan bertambahnya usia, serat mikroskopis terbentuk di dalam dan mengumpul, membentuk bayangan kecil pada retina.

Studi ini diterbitkan dalam The Journal of American Science edisi April yang eksperimennya dilakukan oleh Departemen Ophthalmology dari Fooying University Hospital dan Tajen University.

Menurut para peneliti, enzim dalam nanas memiliki peluang untuk menguraikan zat ekstraseluler yang menyebabkan serat mikroskopis terbentuk di retina.

Selain itu, mereka dapat mendeteksi dan menghancurkan radikal bebas di mata, yang jika tidak dihilangkan, akan menyebabkan degradasi asam hyaluronic dan pembentukan floater vitreous.

Dalam total 338 peserta yang terlibat dalam penelitian ini, lebih dari setengah dari mereka telah melaporkan secara signifikan mengurangi efek eye floaters selama tiga bulan.
 
Mereka dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing diberi satu, dua dan tiga potong nanas setiap hari.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Di antara kelompok-kelompok tersebut, 62% dari mereka yang mengonsumsi dua irisan buah kaya antioksidan setiap hari diamati memiliki kejadian eye floaters yang kurang parah. Sekitar 70% dari peserta yang makan 3 iris per hari telah membuktikan bahwa gejala mereka hampir pulih.

Moderasi adalah kuncinya. Meskipun memiliki manfaat nutrisi, nanas memiliki kandungan gula yang tinggi dan konsumsi yang berlebih dapat menyebabkan gula darah tinggi dan penyakit hati berlemak.

Beberapa dokter menyatakan bahwa jika gejala terjadi, seseorang harus tetap mencari perawatan medis sesegera mungkin.(yant)

Sumber: Goodtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular