Erabaru.net. Setiap calon orangtua pasti akan mempersiapkan kebutuhan bayi yang baru lahir termasuk pengetahuan tentang merawat bayi. Di sinilah orangtua akan mendengar banyak pendapat tentang menyusui, makanan yang bisa dimakan pada usia tertentu, pola tidur bayi dan banyak lagi masalah lainnya. Namun yang perlu ditekankan adalah pemberian air pada bayi.

(Foto: medicine.wustl.edu)

 

 

 
Air putih terlihat minuman sehat dan tidak berbahaya. Bahkan orang dewasa pun dianjurkan untuk minum cukup air pputih. Namun, tidak disarankan untuk memberi air putih pada bayi.

Jika bayi minum terlalu banyak air putih, bayi berisiko terserang kejang dan koma yang bisa berakibat fatal. Karena itu, orangtua dan pengasuh bayi harus tahu kapan bayi benar-benar membutuhkan air putih.

(Foto: scarymommy)

 

Kebutuhan umum untuk bayi selama enam bulan pertama kelahiran hanyalah susu dan setelah itu kita bisa memberi bayi minum air putih.
 
Seorang ahli diet di Klinik Mayo, Katie Zeratsky mengatakan bayi itu dapat hidup tanpa air putih sampai usianya satu tahun. Menurutnya, bayi mendapat semua manfaat makanan seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat dan lemak dari ASI atau susu formula bahkan dalam cuaca panas.

(Foto : verywellfamily)

Kebutuhan air putih untuk bayi dan dewasa tidak sama. Perut bayi masih belum bisa mencerna air putih apalagi jika mereka minum banyak air putih dalam waktu singkat.

Karena itu, jangan memberi air putih kepada bayi berusia enam bulan. Beri mereka hanya ASI atau susu formula.(yant)

Sumber: Erabaru.my

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular