Erabaru.net. Pasti banyak dari kita yang merindukan di masa-masa sekolah dulu. Kita semua memiliki pengalaman tertentu ketika bersekolah. Ada yang rajin ke sekolah, ada yang lsuka membolos dan ada yang bersekolah hanya untuk bertemu dengan teman-teman.

Di Pulau Penang, Malaysia, ada sekolah unik yang telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Buktinya adalah bahwa mayoritas anak sekolah bersemangat untuk pergi ke sekolah setiap hari sampai mereka rela berangkat lebih awal ke sekolah …

(Foto: The Star)

Lebih mengejutkan lagi, ada juga beberapa siswa yang ‘mengancam’ orangtua mereka untuk lari dari rumah jika orangtua tidak mengizinkan mereka untuk terlibat dalam kegiatan di sekolah!

Ini adalah inisiatif dari kepala sekolah, Sekolah Jenis Kembangsaan Tamil (SJKT) Sungai Ara, Penang, yang dikenal sebagai S. Sangga. Menurut laporan The Star, sekolah mulai mempraktikkan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan ini sejak Sangga, 57 taun mulai bertugas di sekolah tersebut pada tahun 2011.

(Foto: NST)

Di sekolah ini, ada lokasi-lokasi tertentu yang lantainya dilukis seperti permainan “Ular Tangga” dan juga engklek. Selain itu, sekolah juga menyediakan sudut bacaan dengan fasilitas komputer untuk memungkinkan siswa menemukan informasi di internet!

(Foto : Bernama)

Semenjak progam ini telah diluncurkan, dilaporkan bahwa persentase kehadiran awal siswa di sekolah meningkat! Ada siswa yang datang pada pukul 6.30 pagi untuk menghabiskan waktu bermain sebelum memulai sesi belajar pada jam 7.40 pagi!

Selain menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan, Sangga mendidik siswa tentang kesadaran akan menjaga dan pelestarian lingkungan sekitar. Dengan demikian, setiap hari Jumat dan Sabtu semua siswa akan dibawa untuk menjelajahi kawasan sekolah untuk mengumpulkan sampah.

(Foto: Bernama)

Tidak hanya itu, sekolah juga melarang penggunaan bahan plastik dan tidak menyajikan makanan cepat saji dan tidak bergizi bagi para siswa. Inisiatif ini efektif bagi mereka tidak hanya untuk mempraktekkannya di sekolah tetapi untuk berbagi pengetahuan dan mendidik anggota keluarga di rumah …

(Foto: NST)

Namun, sangat disayangkan bahwa Sangga akan pensiun dari jabatannya dalam tiga tahun terakhir. Namun demikian, ia berharap bahwa sekolah dibawah kepemimpinan berikutnya akan melanjutkan program yang sudah berjalan untuk kesejahteraan generasi muda selanjutnya.(yant)

Sumber: World of Buzz, Erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular