Sebuah video istimewa yang menunjukkan semut-semut, yang sedang mengadakan “upacara pemakaman” bagi seekor lebah madu, telah membuat warganet terkejut.

Erabaru.net. Di dalam video, bisa kita lihat para semut menyusun kelopak-kelopak mawar di sekeliling bangkai seekor lebah madu, suatu pemandangan yang sangat jarang sekali terlihat.

Nicole Webinger, yang telah merekam video kejadian tersebut dan kemudian membagikannya, mengatakan bahwa dia merekam kejadian itu ketika sedang dalam perjalanan menuju temat kerja, dia sendiri juga berpikir bahwa semut-semut itu sedang melakukan upacara pemakaman bagi lebah madu yang telah mati itu.

Kredit Screencapture Youtube/ Nicole Webinger

Ada banyak teori yang mencoba menjelaskan peristiwa ini.

Pertama adalah, bahwa mungkin semut-semut itu mempunyai perasaan, mereka merasa kasihan pada lebah madu tersebut, dan ingin melakukan sesuatu untuknya.

Kedua, adalah semut dan lebah adalah berasal dari jenis keluarga yang sama, dan ketika mati, keduanya mengeluarkan hormon yang serupa, bisa jadi semut-semut itu menganggap si lebah sebagai keluarga mereka, dan seperti telah diketahui bahwa semut selalu “mengubur” bangkai saudara-saudara mereka di satu tempat.

Ketiga adalah, semut-semut itu justru sedang membuat barikade, agar semut dari koloni lain tidak bisa menemukan jejak lebah madu yang telah mati ini, dan kemudian mereka sendiri bisa tenang dalam mengambil madu yang masih tersisa di dalam tubuh si lebah madu.

Apapun itu, tidak dapat dipungkiri bahwa apa yang dilakukan oleh para semut dalam video berikut, adalah sesuatu yang tidak biasa, mungkin kita harus mengubah cara pandang kita terhadap hewan, mengingat banyaknya bukti yang menunjukkan bahwa hewan juga memiliki perilaku, perasaan dan kecerdasan yang kadang diluar dugaan kita manusia sebelumnya. (Jul)

Mari saksikan videonya:

Sumber: tinnhanh.dkn.tv

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular