Erabaru.net. Setelah ikut gaokao sebanyak 19 kali, seorang pria berusia 72 tahun di timur laut Tiongkok telah memutuskan bahwa tes tahun ini akan menjadi yang terakhir.

Peserta ujian berusia lanjut, yang diidentifikasi sebagai Kang Lianxi, bekerja sebagai pemulung di tempat asalnya Liaoning selama bertahun-tahun.

Gaokao, atau ujian masuk perguruan tinggi negeri, adalah ujian standar tahunan yang diadakan di Tiongkok yang berfungsi sebagai prasyarat untuk masuk ke lembaga pendidikan tinggi.

Kang pertama kali ikuti gaokao pada tahun 1978, dan untuk kedua kalinya pada tahun 2001, ketika Pemerintah Tiongkok mencabut batasan usia peserta ujian.

Sejak itu, Kang telah ikut ujian setiap tahun, berharap bisa lulus ujian yang berarti dapat membantu mengubah status ekonominya.

Skor tertingginya yang pernah ia capai adalah 303, yang dia dapat pada tahun 2009, sementara skor terendahnya 73, ini dia dapat tahun lalu, menurut Pear Video.

Kang telah menghabiskan sekitar 3.000 yuan (sekitar Rp 6 juta) untuk biaya pendaftaran untuk ikut ujian selama bertahun-tahun.

Karena anggarannya terbatas, ia mengandalkan biaya studi dari mengumpulkan barang-barang bekas (pemulung).

Setelah hampir dua dekade mengikuti “ujian terberat di dunia” itu, Kang, yang tidak memiliki istri atau anak, memutuskan untuk berhenti.

“Saya tidak melakukan banyak penulisan,” katanya kepada wartawan tentang tes tahun ini, menurut Shanghaiist. “Tanganku gemetaran sehingga aku tidak bisa menulis banyak kalimat.”

Kang mungkin tidak tampil sebaik yang dia harapkan, tetapi kehadirannya di pusat pengujian pada 8 Juni lalu pasti menginspirasi sesama peserta ujian yang lebih muda.

Sementara itu, netizen memuji ketekunannya, yakin bahwa dia lebih tertarik melihat seberapa jauh dia bisa melangkah.

“Kakek, kau seorang pemenang.”

“Aku hanya bisa mengagumi keberaniannya. Jika saja hidup ini tidak begitu sulit, siapa yang akan sejauh ini? “

“Untuk pria ini, gaokao bukan lagi sekadar ujian pengetahuan, tetapi ujian semangat.”

“Fakta bahwa seseorang pada usia ini telah bekerja sangat keras membuat saya malu dengan generasi yang lebih muda.”

“Setiap ‘prajurit’ di ‘medan perang’ ini layak dipuji … tetapi melihat kakek membungkukkan kepalanya, menghangatkan hatiku.”

Catatan : Soal ujian masuk universitas negeri di Tiongkok atau gaokao terkenal rumit dan tidak biasa. Itulah sebabnya, para siswa di negara itu harus belajar ekstra keras, bahkan telah dipersiapkan sejak taman kanak-kanak, agar bisa lulus dalam ujian ini. Tapi bagi mereka yang lulus dalam ujian ini berarti akan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.(yant)

Sumber: Nextshark

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular