Para ilmuwan telah menemukan versi Alkitab dengan ilustrasi tertua di dunia, usianya lebih dari 1.500 tahun, terdiri atas 80 kitab dan bukannya 66 kitab. Ini sangat luar biasa, Alkitab ini ditemukan di sebuah biara kuno di Etiopia.

Erabaru.net. Dalam Kisah Para Rasul 8:27, kita bisa membaca bahwa saat itu Filipus bertemu dengan orang-orang dari Etiopia, yang datang ke Yerusalem untuk beribadah. Karena itu, Etiopia telah menjadi salah satu negara pertama di Afrika, yang menerima ajaran Kristen. Jadi tidak heran jika versi Alkitab dengan ilustrasi tertua ini ditemukan di sana.

Kredit: legit.ng

Orang-orang di biara tersebut menyebutnya sebagai Kitab Suci Garima (nama orang yang telah menyalin kitab tersebut). Dia adalah seorang biarawan bernama Garima, dan menurut legenda setempat, dia menyalin semua kitab itu hanya dalam satu hari. Garima tiba di Etiopia pada tahun 494 Masehi dari Konstantinopel.

Kredit: legit.ng

Kitab ini telah selamat dari invasi-invasi pihak asing ke negara tersebut. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kitab ini ditulis antara tahun 350 sampai 650 Masehi. Kemungkinan besar kitab ini memang ditulis oleh Garima, walau mungkin dia tidak benar-benar selesai menyalinnya dalam waktu satu hari.

Naskah kuno ini akan disimpan di Ethiopian Heritage Fund. Semoga saja kitab ini nantinya akan di pamerkan untuk umum di biara tersebut, tempat kitab itu sendiri ditemukan dan telah disimpan selama berabad-abad.

Kredit: BNPS.CO.UK

Mereka berkata: “Banyak relik Kristiani kuno yang hanya bisa ditemukan dengan cara mendaki gunung yang tinggi, menuju ke biara-biara terpencil yang terletak di puncak gunung, karena akses jalan menuju kesana sangat terbatas.”

Kredit: BNPS.CO.UK

Kitab Suci Garima telah disimpan dengan cukup baik, sehingga warna dan isinya masih terlihat cukup jelas. Keadaan buku ini juga membuktikan bahwa firman Tuhan itu nyata dan abadi. (Jul)

Sumber: legit.ng

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular