oleh Zhang Ting

Menurut laporan ‘Financial Times’ Inggris, raksasa ritel Perancis pada hari Minggu (23 Juni) mengumumkan bahwa pihaknya telah setuju untuk menjual 80% bisnisnya di Tiongkok kepada pengecer Tiongkok Suning Commerce Group Co, Ltd. (Suning.com).

Keputusan ini merupakan langkah yang menentukan bagi Carrefour untuk menarik diri dari pasar daratan Tiongkok.

Suning adalah perusahaan pengecer Tiongkok yang memiliki 8.881 toko di lebih dari 700 kota di Tiongkok.

Menurut laporan ‘France 24’ bahwa dalam sebuah pernyataan perusahaan tersebut disebutkan bahwa pihaknya sedang mengalami restrukturisasi besar-besaran dan bisnis transaksi mereka di Tiongkok diperkirakan bernilai 1,4 miliar euro atau setara 1,6 miliar dolar AS.

Harga penjualan 80% saham Carrefour Tiongkok adalah RMB. 4,8 miliar atau setara EUR 620 juta, demikian bunyi pernyataan itu.

Pernyataan juga mengungkapkan bahwa kesepakatan tersebut diharapkan dapat diselesaikan sebelum akhir tahun ini.

Carrefour juga menunjukkan bahwa perjanjian yang dicapai dengan Suning juga menyediakan beberapa “jendela aliran” bagi Carrefour untuk menjual sisa 20% saham bisnisnya di Tiongkok.

Analisis mengungkapkan bahwa pernyataan Carrefour tersebut berarti bahwa ia bermaksud untuk sepenuhnya menarik diri dari pasar Tiongkok.

Setelah pengumuman kesepakatan dengan Suning pada 23 Juni, Reuters mengutip pernyataan seorang juru bicara Carrefour memberitakan bahwa negosiasi antara Carrefour dan raksasa teknologi Tiongkok Tencent mengenai penjualan sebagian saham minoritasnya di bisnis Tiongkok telah berakhir.

Carrefour tahun lalu menandatangani kemitraan dengan Tencent untuk menghentikan penurunan bisnis penjualan Tiongkok.

Carrefour memasuki pasar Tiongkok pada tahun 1995, mengoperasikan 210 supermarket besar dan 24 toko serba ada. Penjualan tahun lalu di Tiongkok mencapai EUR. 3,6 miliar, turun hampir 10% dari penjualannya di tahun 2017.

Analis HSBC menunjukkan pada bulan Februari tahun ini bahwa Tiongkok adalah pasar yang sulit bagi Carrefour. (sin/asr)

Video Rekomendasi : 

Share

Video Popular