Erabaru.net. Kepompong kupu-kupu adalah sasaran empuk bagi pemangsa dalam mencari makanan kaya protein dengan mudah, dan orang akan berpikir bahwa semakin mencolok kepompongnya, semakin tinggi kemungkinan ditemukan dan dimakan, tetapi Mechanitis polymnia, atau kupu-kupu macan tutul dan kepompongnya yang mengkilap dan menyerupai emas adalah bukti bahwa yang terjadi adalah sebaliknya.

Kupu-kupu yang sayapnya menyerupai macan tutul ini hidup di hutan Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga hutan hujan Amazon. Ini adalah hal kecil yang penuh warna, dengan lebar sayap 65 hingga 75 milimeter, tapi itu bukan kupu-kupu yang paling menarik perhatian. Namun kepompongnya mengkilap seperti emas murni. Yah, tidak benar-benar nyata, tetapi mereka terlihat seperti perhiasan emas yang tergantung di belakang daun tanaman, dan bahkan di dinding rumah di daerah pedesaan.

Tapi tidak seperti perhiasan emas yang sebenarnya, kepompong yang mengkilap dan tampak berkilau ini tidak dimaksudkan untuk menarik perhatian, tetapi untuk mengalihkan perhatian para pemangsa dan bahkan mencegah mereka untuk mendekat. Ini adalah mekanisme pertahanan alami, dan sangat efektif.

(Foto: YouTube screengrab)

“Mereka sebenarnya sangat sulit dilihat di alam, mengingat semua warna dipantulkan,” Dr. Keith Willmott, salah satu pakar kupu-kupu tropis terkemuka dunia, menjelaskan.
Dipercayai bahwa kepompong yang mengkilap dan reflektif berfungsi dengan baik untuk menyembunyikan dari pemangsa, membuatnya tampak seperti sesuatu yang lain – seperti menggantung tetesan air atau poros cahaya sederhana ke pemangsa, dan bahkan dapat menakut-nakuti beberapa pemangsa.

Rupanya, pemangsa seperti burung, reptil, dan laba-laba raksasa cenderung melarikan diri ketika mereka mendeteksi pantulan gerakan mereka sendiri pada kepompong super-mengkilap ini, mengira itu sebagai ancaman bagi diri mereka sendiri.

Pupa: Mechanitis polymnia isthmia.Mariposas Sarchí, Costa Rica.Tel: 8467 0556

Mariposas Sarchí စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၄၊ အောက်တိုဘာ ၆၊ တနင်္လာနေ့

Kepompong yang terlihat nyata dari kupu-kupu Mechanitis polymnia telah melahirkan semua jenis fakta palsu secara online.

Ada foto-foto kepompong yang menakjubkan ini, yang diberi keterangan dengan segala macam kebohongan, seperti mengandung partikel logam yang sebenarnya, atau bahwa kepompong kosong pernah digunakan sebagai mata uang. Itu mungkin tampak masuk akal bagi sebagian orang, tetapi sains melakukan pekerjaan besar untuk menghilangkan prasangka mitos semacam itu.

LookArt. စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၆၊ စက်တင်ဘာ ၃၀၊ သောကြာနေ့

Pertama-tama, kepompong tidak mengandung logam apa pun. Mereka terbuat dari chitin, zat alami yang memberi beberapa serangga dan krustasea tampilan yang mengkilap. Juga terbuat dari sisik ikan.

Adapun potensinya sebagai mata uang, itu akan masuk akal jika bukan karena fakta bahwa kepompong benar-benar kehilangan kilau seperti emas hanya dalam beberapa hari, seminggu paling lama.

Chrysalide aux reflets métalliques du papillon Mechanitis polymniaOn croirait un bijou au mécanisme articulé qui bientôt s’ouvrira sur une merveille plus extraordinaire encore.

Et si je vous prenais par les sentiments ? စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၉၊ မေ ၂၃၊ ကြာသပတေးနေ့

“Kupu-kupu hanya dalam tahap kepompong selama sekitar satu minggu, tergantung pada spesies, setelah itu mereka kehilangan warna metaliknya,” tulis Dr. Ryan Hill.

Some butterfly pupae are completely covered in a golden draping, such as this Tiger Clearwing (Mechanitis polymnia). One…

Butterfly Lady စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၆၊ ဒီဇင်ဘာ ၂၉၊ ကြာသပတေးနေ့

“Mereka kehilangan warna metalik mereka segera,” kata penduduk asli Kosta Rika Luis Ricardo Murillo-Hiller kepada Earth Touch. “Saya belum pernah melihat atau mendengar seseorang, di mana pun, menggunakan kepompong sebagai mata uang, dan sebenarnya, mereka hampir tidak diketahui oleh [orang kebanyakan].”

No site: http://bit.ly/biovida-goldenParece uma jóia, mas é o um casulo real da Borboleta Tigre Laranja (Mechanitis…

Biologia-Vida စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၅၊ ဩဂုတ် ၂၂၊ စနေနေ့

Belum lagi kepompong kosong yang sangat rapuh, yang tidak membuatnya ideal sebagai mata uang, setidaknya bukan jenis yang bisa dengan aman berpindah tangan. 

Rupanya, kupu-kupu macan tutul itu bukan satu-satunya kupu-kupu yang muncul dari kepompong mengkilap seperti permata. Tithorea harmonia, atau sayap harimau Harmonia, memiliki kepompong yang sangat mirip, seperti yang Anda lihat dalam video ini.(yant)

Sumber: Odditycentral

Share

Video Popular