Erabaru.net. Sementara beberapa dari kita mungkin berpikir lain, kita tidak tahu banyak tentang lebah. Jika ditanya, kita mungkin akan menggambarkan seekor lebah kunging sebagai penyerbuk dan hitam yang membuat madu dan memiliki kemampuan untuk menyengat menyakitkan begitu mereka merasa terancam.

Tetapi kenyataannya adalah, ada sekitar 20.000 spesies lebah dan lebah madu yang umum bukan satu-satunya. Lebah bisa datang dalam berbagai warna dan ukuran. Juga, hanya beberapa spesies yang menghasilkan madu.

(Foto: Sugarbag Bees)

 Jika itu tidak cukup mengejutkan, tidak setiap lebah bisa menyengat dan tidak semua dari mereka yang menyengat mati setelahnya. Meskipun kita mungkin lebih akrab dengan lebah madu biasa, ada banyak hal lain yang belum pernah kita dengar sebelumnya.

(Foto: Sugarbag Bees)

Seperti Tragonula carbonaria, juga dikenal sebagai lebah Sugarbag. Lebah-lebah ini asli dari Australia dan yang membedakan mereka dari lebah-lebah lain adalah sarangnya yang unik.

Lebah Sugarbag mendiami wilayah tropis di bagian utara dan timur negara itu. Secara umum, lebah ini berwarna hitam dengan bulu putih di wajah dan sisi mereka dan berukuran kurang dari seperenam inci.

(Foto: Sugarbag Bees)

Yang menarik tentang makhluk-makhluk kecil ini adalah bahwa mereka mungkin tampak tidak berdaya karena mereka tidak menyengat. Namun, begitu diganggu, mereka menggigit dan menyuntikkan asam format yang menyakitkan.

Lebah Sugarbag adalah arsitek yang cukup baik. Mereka mendemonstrasikan kemampuan mereka dengan membuat sarang spiral.

(Foto-foto: Sugarbag Bees)

Penyerbuk ini membangun sarang mereka secara spiral searah jarum jam yang memukau. Namun, masih belum jelas mengapa lebah Sugarbag lebih suka membangunnya dengan cara seperti itu.(yant)

Sumber: Boredpanda

Share

Video Popular