Ada kisah nyata yang benar-benar menakjubkan. Siapa yang mengira bahwa seorang guru sekolah yang sangat dihormati, ternyata tidak bisa membaca?

Erabaru.net. Inilah kisah John Corcoran, seorang pria dari New Mexico, Amerika Serikat.

Hidupnya bisa menjadi kisah sukses seperti orang lain pada umumnya: dia menyelesaikan sekolah menengah, dia adalah olahragawan yang hebat, dia memiliki keterampilan sosial yang hebat, dia lulus dari universitas dan karena bakat serta prestasinya, dia mendapat pekerjaan di sekolah yang sama tempat dia bersekolah dulu, sebagai seorang guru.

Dia adalah guru yang baik, jadi dia berhasil mempertahankan pekerjaannya selama 17 tahun. Tapi ada detail kecil yang tidak seorangpun tahu.

This is John Corcoran. He never learnt how to read and write. But he had athletic skills and he was good at maths, so he…

Outlook, BBC World Service စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၈၊ ဧပြီ ၁၃၊ သောကြာနေ့

John Corcoran yang dihormati, anggota teladan dari komunitasnya, ternyata tidak bisa membaca.

Pria ini ternyata sudah berpura-pura sejak kecil. Dia pergi ke sekolah, sampai ke sekolah menengah dan kemudian ke perguruan tinggi. Pada tahap-tahap itu, dia harus membuat tipuan yang mengerikan untuk lulus ujian, bahkan mencuri kertas ujian dari kantor profesor pada satu kesempatan.

John Corcoran Foundation စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၆၊ ဩဂုတ် ၁၈၊ ကြာသပတေးနေ့

John memiliki masa kecil yang mengerikan, semua orang mengolok-oloknya karena masalah belajarnya. Hal tersebut menyebabkan bocah itu membenci sekolah dan dia benar-benar hidup dengan kebenciannya, itulah alasan mengapa dia tidak pernah bisa belajar membaca.

Tahun demi tahun berlalu, penipuan demi penipuan, hingga suatu hari, dia memutuskan untuk memberi tahu istrinya.

John Corcoran Foundation စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၆၊ ဩဂုတ် ၁၄၊ တနင်္ဂနွေနေ့

Pada awalnya, istrinya tidak mempercayainya, tetapi lambat laun menyadari bahwa itu memang benar: suaminya yang sukses, populer dan berbudi luhur, benar-benar tidak bisa membaca!

Suatu hari, John bosan dengan kebohongan seperti itu dan menceritakan rahasianya kepada orang kedua, direktur program keaksaraan orang dewasa, yang kemudian selain mengajarinya membaca, juga meyakinkannya untuk berbagi kisahnya dengan orang-orang.

Kisah John dengan cepat menyebar, pria yang telah menjadi guru selama 17 tahun ternyata tidak bisa membaca!

Sekarang, John membagikan ceritanya dalam program televisi, pelajaran yang dia bagikan sangat mendasar: yang penting adalah keluar dari kegelapan, untuk mengetahui bahwa ada harapan dan solusi. Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti membuat kesalahan berulang-ulang dan berani melakukan (dan menjadi) apa yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Lights….Camera….Action…..after an exciting week for John, the #TeacherWhoCouldntRead and our Executive director…

John Corcoran Foundation စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၄၊ နိုဝင်ဘာ ၁၆၊ တနင်္ဂနွေနေ့

John Corcoran telah hidup dalam kebohongan selama 48 tahun, sekarang hidupnya berubah secara radikal dan pelajarannya terus menyentuh kehidupan orang-orang di seluruh dunia.

Kebohongan, memang terkadang bisa membuat kita mencapai keberhasilan, namun semakin lama kebohongan disembunyikan, semakin membuat diri sendiri menjadi tidak nyaman. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti membuat kesalahan dan berubah menjadi baik. John adalah salah satu contohnya! (Jul)

Sumber: liftable.com, bbc.com

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular