Erabaru.net. Kayabuki no Sato, sebuah desa kecil di Kyoto, Jepang, yang terkenal dengan rumah-rumah beratap jerami tradisionalnya, menampilkan sistem penyemprot air tersembunyi yang akan mengubah seluruh tempat menjadi air mancur.

(Foto: Miyama Tourism Association)

Dikenal sebagai Desa Jerami Miyama, Kayabuki no Sato memiliki persentase rumah pertanian beratap jerami yang lebih tinggi daripada tempat lain di Jepang.

Ini membuatnya sangat populer di kalangan wisatawan, yang suka berjalan di antara lebih dari 40 rumah beratap jerami dan bahkan menghabiskan malam di salah satu dari mereka, tetapi juga sangat rentan terhadap kebakaran.

Pejabat lokal menyadari hal ini pada tahun 2000, ketika api membakar pusat arsip, sehingga selain meminta orang untuk waspada setiap saat, mereka memutuskan untuk membangun sistem penyemprot air khusus untuk menjangjau seluruh desa.

Mereka mengujinya dua kali setahun, biasanya pada bulan Mei dan Desember, dan orang-orang dari seluruh Jepang dan sekitarnya datang untuk melihat alat penyiram kuat beraksi.

(Foto: Miyama Tourism Association)

Anda akan berpikir bahwa lusinan alat penyiram otomatis yang menghiasi desa tradisional Jepang akan merusak pemandangan, dan Anda benar.

Itulah sebabnya pemerintah setempat memutuskan untuk mempertahankan tampilan Kayabuki no Sato yang indah dengan menyembunyikan 62 alat penyiram logam di rumah-rumah kayu kecil yang mirip dengan rumah asli.

Ketika sistem ini diaktifkan, atap rumah-rumah ini akan terbuka seperti transformator kecil yang membuka jalan bagi alat penyiram di dalamnya untuk menembakkan semburan air tinggi ke langit.

(Foto: Screenshot YouTube)

 
Pengujian dua tahunan sistem penyiram air ini adalah peristiwa yang spektakuler sehingga dikenal sebagai festival selang air Kayabuki no Sato.

Semburan air yang kuat ditembakkan ke udara oleh semua 62 alat penyiram yang ditempatkan secara strategis, pada saat yang sama, untuk menjangkau semua rumah atap jerami.

Seolah-olah itu bukan pemandangan yang cukup mengesankan, pada hari-hari yang cerah, alat penyiram juga menciptakan pelangi di atas desa.
 
Jadi, jika Anda pernah berada di Kyoto selama bulan Mei dan Desember dan ingin melihat sesuatu yang benar-benar spektakuler dan unik ini, pergilah ke Kayabuki no Sato, di daerah pedesaan Miyama, untuk festival selang air. Anda tidak akan menyesal!(yant)

Sumber: Odditycentral

Share

Video Popular