Erabaru.net. Percaya atau tidak, catatan rekor dunia Guinness yang biasanya diisi dengan orang-orang yang ter-, atau paling, juga memiliki catatan mengenai orang paling kikir. Ya, itu benar, dan di belakang pemilik gelar ini mungkin tersembunyi salah satu kisah paling menyedihkan dari Wall Street.

Hetty Green bersama anjingnya. Kredit: 27east.com

Namanya Hetty Green dan merupakan legenda dalam dunia keuangan. 

Sayangnya, meskipun memiliki ketajaman dalam hal bisnis dan transaksi, dia memiliki pemikiran yang agak tidak biasa, dan tidak umum daripada orang lain pada umumnya.

Green dengan mantel hitamnya. Kredit: en.wikipedia.org

Green selalu mengenakan gaun hitam yang sama penuh lubang dan dengan penampilan yang benar-benar tidak selaras, alasannya adalah bahwa dia tidak mendukung gagasan untuk menghabiskan uang, untuk membeli deterjen dan untuk mencuci, apalagi untuk membeli yang baru.

Hetty Green. Kredit: ecofeminismobolivia.blogspot.com

Kekayaannya pada tahun 1905 setara dengan nilai uang hari ini sebesar 4.000 juta dolar (Sekitar Rp 56 triliyun), namun, dia tidak terbiasa dengan kemewahan. Bahkan, karena begitu inginnya dia untuk menghemat uang, dia akan membeli produk-produk obralan yang dijual mendekati tanggal kadaluarsa.

Dia juga tinggal di penginapan murah untuk menghindari pajak.

Kredit: virtualvermont.com

Meskipun dia tidak pernah memiliki budak (pada masa itu praktek perbudakan masih terjadi), selama tahun-tahun terakhir hidupnya, anak-anaknya memaksanya untuk menyewa asisten.

Namun, kematian justru datang menghampiri Ny. Green dalam bentuk serangan jantung fulminasi, ketika dia berselisih dengan asistennya perihal harga susu.

Apa yang terjadi selanjutnya? Anak-anaknya segera menggunakan uang yang telah dia simpan dengan baik seumur hidup, untuk berbelanja serta banyak hal lainnya.

Dapatkah Anda membayangkan bekerja sepanjang hidup Anda, namun tidak pernah menikmati uang hasil kerja Anda secara utuh. Lalu saat kematian datang, semua uang itu begitu saja harus Anda tinggalkan, tanpa sepeserpun yang bisa dibawa?

Tidakkah kehidupan yang dipenuhi dengan kekikiran itu, sangat menyedihkan? Bagaimana menurut Anda? (Jul)

Sumber: upsocl.com

VIDEO REKOMENDASI

 

Share

Video Popular