Erabaru.net. Korea Selatan telah menemukan bintang mode berusia 77 tahun (usia Korea) Choi Soon-Hwa, model profesional tertua di negara itu.

Sebagai mantan pekerja perawat yang terbiasa bekerja 20 jam sehari di rumah sakit, Choi berbagi bagaimana pekerjaannya saat ini adalah “keajaiban”.

“Sulit untuk makan siang. Stresnya sangat menyiksa – seolah-olah gunung berapi akan meletus di dalam diri saya, ”katanya kepada Agence France-Presse.

Korea Selatan telah melihat lansia menjadi tren di media sosial dan selebriti fashion dalam beberapa tahun terakhir. Jaring pengaman sosial yang lemah di negara itu telah mengakibatkan hampir 45% lansia hidup dalam kemiskinan.

Beberapa tahun yang lalu, Choi sendiri banyak hutang dan akhirnya menggunakan semua penghasilannya untuk melunasi hutannya. Menurut Choi, dia menemukan kesempatan untuk mengubah hidupnya setelah melihat iklan TV tentang model lansia secara kebetulan.

Setelah mendaftar di beberapa kelas modeling, ia segera dijemput oleh agensi The Show Project. Tidak butuh waktu lama baginya untuk melakukan debut catwalk.

Dia biasa mewarnai rambutnya ketika dia bekerja di rumah sakit karena pasien tidak ingin seseorang yang “terlihat terlalu tua” untuk merawatnya. Tapi sekarang, dia tidak perlu lagi melakukannya karena rambutnya yang abu-abu telah menjadi fitur yang banyak dicari oleh desainer baru.

Kim Hee-jin, seorang desainer berusia 32 tahun yang membuat pakaian untuk orang dewasa muda, berbagi bahwa dia menyewa Choi untuk pertunjukan Seoul Fashion Week tahun lalu karena penampilannya yang unik.

“Ada sesuatu yang sangat unik tentang Choi – dia memiliki kualitas yang berbeda dari orang lain [di generasinya], dan saya pikir itu berjalan dengan baik dengan jenis orisinalitas yang saya usahakan untuk dicapai ketika membuat pakaian,” kata Kim.

Choi telah menghadapi kesulitan sepanjang sebagian besar kehidupan dewasanya. Setelah ditinggalkan oleh suaminya, dia terpaksa menjadi orangtua tunggal untuk kedua anaknya sambil mempertahankan pekerjaan penuh waktu.

“Selama tahun-tahun saya sebagai orangtua tunggal dari dua anak, saya akan mengenakan pakaian yang sama selama 20 tahun,” kenangnya.

Choi menyesalkan bahwa generasinya telah “memaksa diri mereka untuk menjadi terlalu hemat” sementara yang lebih muda menghabiskan tiga kali lebih banyak untuk pakaian dan sepatu.

Dia mengatakan sekarang adalah saatnya baginya untuk mencoba dan menjalani hidupnya sendiri.(yant)

https://nextshark.com/choi-soon-hwa-korean-model/

Sumber: Nextshark

Share

Video Popular