Erabaru.net. Manuela Lemos adalah mahasiswi kedokteran di Universitas Federal Paraná, Brasil. Wanita muda ini telah melakukan sesuatu yang menarik ribuan pengguna internet, dan mungkin akan menjadi inspirasi bagi siapapun yang berurusan dengan orang-orang buta huruf.

Manuela Lemos စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၈၊ ဧပြီ ၈၊ တနင်္ဂနွေနေ့

Dalam praktik universitasnya, wanita muda itu merawat seorang pasien lansia dan buta huruf yang selama bertahun-tahun sebelumnya tidak dapat mengikuti perawatannya dengan benar, hanya karena dia tidak bisa membaca nama obat di resep medisnya.

Fakta ini menyebabkan kepekaan besar pada wanita muda yang segera tahu bahwa dia harus melakukan sesuatu untuk membantu pasiennya.

Mahasiswi ini membuat petunjuk khusus untuk pasiennya yang lansia dan buta huruf tersebut.

Dia menggunakan berbagai warna pita perekat dan menempelkannya ke kotak obat dan resep, juga membuat panduan waktu kapan dia harus minum obat.

Kakak perempuan Manuela memposting foto petunjuk resep medis itu di profil Twitter-nya untuk berbagi hal sederhana namun sangat membantu, yang telah dilakukan oleh calon dokter muda itu.

Dengan cepat hal ini menjadi viral, dan memberikan inspirasi serta gagasan baru bagi banyak orang.

Manuela adalah contoh bahwa pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, yang mungkin kita rasakan biasa saja, ternyata dapat menjadi sangat penting bagi orang lain.

Membantu dan menolong orang dengan cara yang umum saja, terkadang tidak cukup, ada kalanya kita perlu memperhatikan kemampuan orang yang membutuhkan bantuan tersebut. Jika kita benar-benar peduli, maka kita harus menyesuaikan dengan kemampuan orang yang kita tolong.

Kredit: Facebook/ Shen Yun – Bahasa Indonesia

Dalam karakter Tiongkok, kata “Shan” atau “Baik,” berasal dari bentuk kepala kambing (ada juga yang menyebut kepala domba), dan sejak dulu, domba dianggap sebagai simbol pengorbanan, di satu agama, domba adalah metafor dari Sang Juru Selamat. Maka berbuat baik yang sesungguhnya, memiliki selapis makna, yaitu berkorban demi orang lain. (Jul)

Sumber: opovo.com.br

VIDEO REKOMENDASI

Share

Video Popular