Erabaru.net. “Aku ingin menjadi seorang guru …” seorang anak memberi tahu gurunya ketika ditanya mengapa dia masih bersekolah meskipun dia harus merawat adik perempuannya.

Dia jelas mengalami kesulitan merawat adik perempuannya, tetapi seorang anak lelaki baru-baru ini menjadi viral karena tidak mau menyerah. Tekadnya membuatnya kagum, tidak hanya gurunya tetapi juga netizen.

(Foto: Herald Hope Tero-Mangle Apole / Facebook)

Belajar di Sekolah Dasar Katipunan Baru, Kota Bayugan, Agusan del Sur,Philipina, bocah lelaki itu harus membawa adik perempuannya ke sekolah setiap hari.

Gurunya, Herald Hope Tero-Mangle Apole, merasa kasihan melihat anak itu dan bertanya tentang kondisinya; namun, apa yang guru ketahui tentang anak itu membuat hatinya semakin hancur.

Menurut gurunya, bocah itu tinggal di Sitio New Katipunan di San Juan, Kota Bayugan di Agusan del Sur. Meskipun dia sering tidak sempat sarapan, dia tidak terlalu memikirkan soal makan yang terlewat selama dia bisa pergi ke sekolah. Bagi bocah lelaki ini bahwa, sekolah memberinya harapan untuk masa depan yang lebih cerah.

Anak laki-laki itu memilih untuk pergi ke sekolah bahkan jika dia tidak memiliki uang saku. Bayangkan saja betapa lapar dia harus rasakan saat siang hari, mengingat dia tidak makan sarapan dan tidak punya uang.

(Foto: Herald Hope Tero-Mangle Apole / Facebook)

Karena orangtuanya yang miskin, anak itu tidak memiliki seragam. Dia hanya mengenakan pakaian rumah namun tekadnya untuk pergi ke sekolah selalu ada.

Bocah lelaki itu harus bertindak sebagai orangtua bagi adik perempuannya – dan dia dengan penuh kasih sayang merawatnya sambil memastikan dia masih bisa fokus pada pelajarannya. Anak yang luar biasa!

(Foto: Herald Hope Tero-Mangle Apole / Facebook)

Menurut gurunya, anak ini ingin menjadi guru suatu hari nanti! Bukankah lebih bagus jika dia berhasil dalam mimpi ini dan benar-benar menjadi guru di masa depan?

Banyak netizen percaya demikian; beberapa bahkan mengirim bantuan untuk anak-anak melalui guru; namun, banyak juga yang berharap orangtua mereka akan lebih bertanggung jawab.

Bulatkan tekatmu nak! Tetap fokus pada studimu dan jangan pernah menyerah!(yant)

Sumber: Buhayteacher.

Share

Video Popular