Erabaru.net. Bermain di luar mungkin menyenangkan tetapi bagi anak berusia 15 tahun dari Davao City, Philipina, ia juga berpikir bahwa membaca juga sama-sama menghibur. Itulah sebabnya dia membangun perpustakaan jalanan di mana setiap orang disambut untuk membaca buku-buku itu.

Lorenzo “Enzo” Puentespina baru-baru ini menjadi terkenal karena upayanya yang luar biasa untuk membangun perpustakaan jalanan di lingkungannya.

Dia pertama-tama menginginkan perpustakaan yang dia sebut Lib of Positivity sebagai tempat untuk membantu teman-temannya belajar tetapi dia tidak pernah menyangka ketika tempat itu dengan cepat menjadi favorit di antara mereka yang senang membaca.
 
Tidak seperti perpustakaan lain, perpustakaan jalanan hanya menggunakan keranjang plastik yang dibuang sebagai rak dengan atap sederhana di atasnya.

Meskipun demikian, ada banyak buku yang tersedia bagi anak-anak untuk dibaca mulai dari kehidupan keagamaan, Matematika, Sains, Bahasa Inggris, hingga pendidikan jasmani, Sains, dan Sastra. Semua buku tersedia untuk siapa saja, 24 jam 7 hari.

Ada juga kursi dan meja di sebelah perpustakaan jalanan bagi mereka yang lebih suka membaca buku di ‘perpustakaan’.
  

(Foto: Facebook)

Ketika perpustakaan jalanan menjadi viral tidak hanya di antara anak-anak di lingkungan itu tetapi juga di internet, Lorenzo agak terkejut tetapi dia senang mengetahui bahwa orang lain senang idenya.

(Foto: Facebook)

“Saya sangat senang bangun, pergi ke luar, dan melihat semua anak-anak ini membaca buku saya. Saya melihat senyum di wajah mereka (dan) itu benar-benar membuat saya senang, ”kata Lorenzo.

Melihat bahwa perpustakaan jalanan sangat terkenal di lingkungan itu, Lorenzo mengatakan bahwa itu bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk memulai perpustakaan mini mereka sendiri juga.

(Foto: Facebook)

“Akan luar biasa jika Anda bisa memulai perpustakaan kecil Anda sendiri di daerah Anda. Mengapa tidak menyebarkan kesenangan membaca di sana juga? ”Tulisnya.
 
Bahkan jika Anda merasa tidak ingin membuka perpustakaan jalanan seperti yang dilakukan Lorenzo, Anda selalu disambut untuk menyumbangkan buku-buku kepada Lib’s Positivity of Lorenzo.

(Foto: Facebook)

Sumbangan dapat dikirim di Bolcan St. Agdao, Davao City atau dikirim ke Lorenzo Puentespina di alamat yang sama. Anda juga dapat mengantar atau mengirim buku ke Puentespina Orchids, Pusat Taman Cedar Hills, 57 Mother Ignacia St., Barangay Paligsahan, Kota Quezon, Philipina.(yant)

Sumber: Goodtimes

Share

Video Popular