Erabaru.net. Seberapa sering kita mendengar orang yang berkuasa turun ke bawah mencoba memberikan yang terbaik untuk publik? Kemungkinan itu jarang atau tidak pernah. Namun, seorang Walikota dari sebuah kota di Meksiko telah mengubah persepsi dengan eksperimen sosialnya yang tidak terduga.

Carlos Tena adalah walikota Cuauhtémoc di negara bagian Chihuahua, Meksiko.

(Foto: YouTube / El Heraldo De Mexico)

Setelah menerima sejumlah pengaduan dari orang-orang cacat dan orang-orang yang kurang beruntung secara sosial mengenai perlakuan semena-mena yang mereka terima dari pekerja sosial, Carlos Tena tidak tahu siapa yang harus dipercaya, para korban atau para bawahannya – pekerjanya. Ketika ditanya, stafnya membantah tuduhan itu.

Jadi dia menyusun rencana untuk menguji sikap pekerja sosial setempat sendiri.

Tena menghabiskan dua bulan menyusun penyamaran untuk mengetahui siapa yang harus dipercaya. Dia mengunjungi pegawai negeri di Kantor Walikota dan Dinas Sosial dengan menyamar sebagai orang cacat yang membutuhkan bantuan.

Carlos menyamar sebagai orang cacat yang mencari bantuan dari pemerintah.

(Foto: YouTube)

Dia mengenakan turtleneck hitam, sepasang kacamata hitam dan topi abu-abu yang menutupi separuh wajahnya, sambil duduk di kursi roda. Dia bahkan memakai perban di telinga kirinya, untuk pura-pura cedera tetapi juga menghindari dikenali oleh stafnya.

Tempat pertama yang dia kunjungi adalah Direktorat Pembangunan Sosial di mana ia meminta makanan gratis. Cacat sosial secara hukum berhak untuk itu tetapi permintaannya diabaikan.
 
Selanjutnya, ia mengunjungi kantornya sendiri, meminta untuk berbicara dengan walikota. Setelah diberi tahu bahwa walikota tidak ada, Carlos meminta untuk berbicara dengan Sekretaris Dewan Kota. Dia diberitahu dengan kasar dan diminta untuk menunggu di lorong.

Setelah selama satu setengah jam berlalu tanpa kepastian. Ini adalah saat yang tepat untuk mengungkap kebenaran,  seketika itu Carlos melepas penyamarannya dalam kemarahan dan kekecewaan, membuat stafnya kaget.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa sekarang dia telah belajar kebenaran dan tahu pihak mana yang harus dipercaya. Dia memperingatkan stafnya bahwa dia tidak ingin mendengar orang yang berhak untuk mendapatkan bantuan diabaikan lagi atau tindakan drastis akan diambil untuk itu.

Carlos telah lama dikenal karena membela orang-orang yang kurang beruntung secara sosial dan membantu mereka dalam kemampuannya. Pertahankan, walikota! (yant)

Sumber: Goodtimes, Odditycentral

Share

Video Popular