Erabaru.net. Kita selalu diberi tahu bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan kita, namun, dua gadis di Tiongkok dilarikan ke rumah sakit setelah melakukan olahraga yang ekstrim, dan itu menimbulkan konsekuensi yang mengancam jiwa.

Pada 10 Juli lalu, Tang, seorang gadis berusia 19 tahun dari Chongqing, Tiongkok, memutuskan untuk menantang sahabatnya untuk bertanding squats untuk melihat mana di antara mereka yang memiliki lebih banyak stamina.

Mereka mengatur video call dan mulai melakukan squats untuk melihat mana yang akan menyerah lebih dahulu. Masalahnya adalah bahwa mereka berdua menganggapnya sangat serius dan menolak untuk berhenti meskipun mendorong otot kaki mereka sampai batas kemampuan.

Tang mengatakan kepada dokter bahwa mereka berdua harus melakukan squats sekitar 1.000 kali sebelum mereka memutuskan untuk berhenti, tetapi pada saat itu otot-otot kaki mereka mulai rusak.

Ilustrasi (Foto: Gesina Kunkel / Unsplash)

Setelah pertandingan itu Tang mengatakan merasa sedikit sakit, tetapi berpikir itu normal setelah melakukan gerakan semacam itu. Keesokan harinya, kakinya masih sakit, tetapi dia pergi bekerja seperti biasa, mengira itu hanya rasa sakit setelah latihan.

Dia baru menyadari keseriusan kondisinya pada pagi hari ketiga, ketika dia bangun dengan kaki yang sakit luar biasa dan ketidakmampuan untuk menekuk lututnya. Setelah entah bagaimana mencapai kamar mandi, Tang menyadari bahwa air kencingnya adalah warna teh hitam, yang dia pelajari di ketentaraan adalah tanda masalah serius di tubuh.

Tang dilarikan ke rumah sakit tempat dokter mendiagnosisnya dengan rhabdomyolysis – kondisi yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh kematian serat otot dan pelepasan isinya ke dalam aliran darah.

Ini dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa seperti gagal ginjal, karena gagal ginjal tidak dapat menghilangkan limbah dan urin pekat. Dalam kasus yang jarang terjadi, rhabdomyolysis bisa berakibat fatal.

(Foto: Pear Video)

Para dokter memberi tahu Tang bahwa dia beruntung datang sedini mungkin dan masih muda, yang membantunya pulih dengan lebih baik. Jika ini terjadi pada orang yang lebih tua, itu bisa menyebabkan gagal ginjal akut.

Menariknya, Tang menghubungi temannya dari rumah sakit untuk memberi tahu dia tentang hasil dari bertanding squat mereka, dan terkejut mendengar bahwa sahabatnya juga dirawat di rumah sakit dengan kondisi yang sama.(yant)

Sumber: Odditycentral.

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular