Erabaru.net. Durian, dijuluki sebagai “raja buah” di Asia Tenggara, menghasilkan sejumlah uang yang luar biasa untuk seorang petani buah Malaysia.

Chin Ken Soon dilaporkan menghasilkan 1,91 juta (sekitar Rp 27 miliar) per bulan hanya dengan menjual berbagai buah-buahan, seperti durian, belimbing, manggis, semangka, dan pepaya ke berbagai belahan dunia.

Dipanen dari perkebunan buahnya seluas 197,7 hektar di Pahang, Malaysia, Chin mengirimkan 100 metrik ton buah-buahan ini ke negara-negara seperti Tiongkok, Arab Saudi, dan Eropa.

Di antara semua hasil pekebunan buahnya, durian menghasilkan uang paling banyak, dengan penghasilan sendiri sekitar 950.000 dollar ( sekitar Rp 13,4 miliar) per bulan, lapor Mashable.

Menurut importir berusia 38 tahun, ia memiliki berbagai jenis durian, dari Raja Musang yang terkenal hingga D24.

Selain menjual buahnya di luar negeri, Chin sekarang berencana untuk membuka 10 mall buah di seluruh Malaysia. Dia

sudah membuka yang pertama bulan lalu di negara bagian asalnya, Negeri Sembilan.

Sementara durian bisa menjadi buah polarisasi, dengan banyak yang menolaknya terutama karena aromanya yang menyengat, penggemar buah yang kaya bersedia membayar mahal karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Kembali pada bulan Juni lalu, satu durian berhasil dijual seharga 48.000 (sekitar Rp 680 juta) dalam pelelangan selama festival Raja Durian di Thailand tengah.(yn)

Sumber: Nextshark

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular