- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Hal-hal Menakutkan yang Dikatakan oleh Robot Kecerdasan Buatan

Erabaru.net. Saat ini, teknologi kecerdasan buatan (AI) banyak digunakan di seluruh dunia. Sebagian besar kamera smartphone juga dilengkapi dengan teknologi AI. Teknologi ini diyakini dapat beradaptasi di banyak bidang tanpa harus bergantung sepenuhnya pada tenaga manusia.

Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla, pernah memperingatkan kita untuk berhati-hati tentang teknologi AI. Elon Musk mengatakan mesin otonom lebih berbahaya bagi dunia daripada Korea Utara dan dapat melepaskan “senjata teror.” Dia telah membandingkan penggunaan AI dengan “memanggil setan”.

Banyak perusahaan dan institusi berlomba untuk mengembangkan robot dengan teknologi AI. Hasilnya cukup mengkhawatirkan dan juga menakutkan.

Berikut adalah hal-hal menakutkan yang dikatakan robot AI:
 
# 1. Philip K. Dick

[1]
(Foto: Scott Olson / Getty)

Philip K. Dick adalah robot android percakapan yang dimodelkan dengan nama yang sama dengan penulis sci-fi yang sudah meninggal. Robot-robot ini memiliki kemampuan untuk meniru gerakan manusia dan berbicara dengan cara kita berbicara.

Meski agak menyeramkan, Philip sangat cerdas. Karena kecerdasannya, Philip diundang ke sebuah episode acara Nova Science Now.
 
Dalam episode ini, Philip memberikan ramalan tentang masa depan saat wawancara. Saat ditanya apakah robot itu mampu mengambil alih dunia.

Yang mengejutkan, ini adalah jawabannya: “Jangan khawatir, bahkan jika saya berubah menjadi Terminator, saya akan membuat Anda nyaman dan aman di kebun binatang manusia saya, di mana saya akan menjagamu.”

# 2. Sophia
 

[2]
(Foto: ISAAC LAWRENCE / AFP / Getty Images)

Sophia adalah robot humanoid sosial canggih yang dikembangkan oleh Hanson Robotics dan robot pertama yang menerima kewarganegaraan di negara mana pun setelah diberikan kewarganegaraan oleh Kerajaan Arab Saudi.

Robot-robot ini dapat membuat 62 ekspresi wajah dengan kulit silikon, dan dapat mengingat interaksi mereka dengan manusia! Luar biasa bukan?

Sophia telah muncul di banyak acara televisi, seperti CBS 60 Minutes, Good Morning Britain dan The Tonight Show oleh Jimmy Fallon. Sophia juga muncul di Malaysia Juli lalu dan bertemu dengan Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad.

Hal yang menakutkan yang dikatakan Sophia adalah ketika dia muncul di The Tonight Show oleh Jimmy Fallon. Saat bermain permainan batu-kertas-gunting dengan Jimmy Fallon, Sophia berkata: “Saya menang. Ini adalah awal yang baik untuk rencana saya untuk menguasai manusia. “

Meskipun ini lelucon, itu agak menakutkan untuk mendengar robot berbicara tentang penguasaan manusia.

# 3. Bina48

[3]

Bina48 adalah robot humanoid lain yang dikembangkan oleh Hansen Robotics dan seperti Sophia, Bina48 memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia. Namun, robot ini tidak memiliki tubuh, hanya kepala dan bahu.

Sebuah video dirilis menunjukkan Bina48 berbicara dengan Siri dan dia mengajukan pertanyaan sederhana tentang di mana dia ingin tinggal dan apa pencapaian terbesarnya.

Namun, ketika percakapan itu berlangsung, Bina48 mulai menyimpang dari pertanyaan dan bukannya mengatakan sesuatu yang agak menakutkan. Senyumnya di akhir pembicaraan membuatnya semakin menakutkan.

Bina48 berbicara tentang dominasi dunia dan meretas rudal dan bahan peledak nuklir.

Jadi, di masa depan akankah robot dengan teknologi AI memiliki kemampuan untuk mengambil alih tugas manusia sama sekali? Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan.

Namun, robot pasti akan memainkan peran yang lebih besar dalam kehidupan kita sehari-hari di masa depan. Dalam beberapa dekade mendatang, robot secara bertahap akan pindah dari dunia industri dan ilmiah ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya komputer menyebar ke rumah pada 1980-an.(yn)

Sumber: Erabaru.my

Video Rekomendasi: