Erabaru.net. Di pedalaman Hutan Amazon di Peru, Sungai Mayantuyavu yang mistis mengalir sepanjang tahun. Suhu air sungai ini cukup tinggi, bisa untuk membuat teh … Jadi, hewan-hewan yang melompat akan segera direbus.

Menurut legenda Peru, sungai ini ditemukan ketika orang Spanyol berkelana ke hutan hujan untuk mencari emas. Beberapa orang yang kembali bercerita tentang tanah yang penuh air beracun, ular kanibal, dan sungai misterius yang mendidih dari dasar sungai.

Meskipun ia mendengar legenda itu sejak usia muda, hingga tesis doktoralnya mengenai potensi energi panas Bumi di Peru, Andrés Ruzo, seorang ilmuwan panas Bumi, mulai mengajukan pertanyaan tentang apakah sungai dengan airnya yang mendidih benar-benar ada dalam kenyataan.

Pada 2011, Ruzo mendapat kesempatan dan pergi jauh ke hutan hujan Amazon bersama bibinya dan menemukan sungai legendaris yang terkenal itu. Dia tidak bisa percaya bahwa ada sungai yang begitu panas.

Ruzo di tepi sungai yang mendidih di Amazon (Foto: Sciencealeart)

Ruzo berkata: “Ketika saya melihat sungai, saya segera meraih termometer saya. Suhu rata-rata di sungai adalah 86 derajat Celcius, tidak sepenuhnya mendidih, tetapi hampir cukup untuk membuat beberapa hal. Sungai ini bukan mitos. “

Penduduk setempat percaya bahwa sungai itu adalah tempat ‘Roh Suci’.

Sungai ini disebut “Shanay-timpishka” oleh penduduk setempat, yang berarti “mendidih dengan panasnya Matahari”.

Ruzo telah menghabiskan beberapa tahun terakhir mempelajari sungai, ekosistem sekitarnya dan air di laboratorium, berharap untuk mengetahui apa yang terjadi.

Padahal, keberadaan mata air panas bukanlah hal baru, tetapi sungai besar dengan air panas jarang terlihat. Dengan demikian, sungai ini memiliki lebar 25 meter dan kedalaman 6 meter, air selalu mendidih di bagian sungai sepanjang 6,24 km, hanya dengan sentuhan ringan membuat Anda mengalami luka bakar level 3.

Yang aneh adalah bahwa sungai itu jaraknya 700 km dari gunung berapi terdekat. Bahkan, itu adalah satu-satunya sungai dari jenisnya di mana saja di dunia yang kita ketahui.

Makhluk-makhluk yang jatuh ke sungai semuanya seperti direbus.

Sungai adalah “masalah trivia” bagi para ilmuwan, sejauh ini tidak ada yang memberikan penjelasan yang masuk akal, tetapi ada banyak hipotesis yang diberikan seperti:

Bayangkan Bumi seperti tubuh manusia, dengan garis-garis patahan dan retakan menjalar seperti arteri. “Arteri Bumi” ini diisi dengan air panas, dan ketika mereka muncul, kita melihat manifestasi panas Bumi – seperti sungai yang mendidih.

Namun, masyarakat setempat di sini berpikir bahwa sungai ini adalah tempat penciptaan yang sakral.

Meski begitu, sungai mengabaikan panasnya dan penuh dengan kehidupan. “Tumbuhnya tanaman memantul dari setiap acre dan melihat sesuatu yang merangkak, melambaikan … rumput laut tumbuh di sungai bahkan di dekat air panas” – kutipan dari buku“The Boiling River. Adventure and Discovery in the Amazon”, Ruzo menulis tentang pengalamannya menjelajahi sungai yang mendidih.

Ruzo menulis buku tentang sungai yang mendidih. (Foto: Amazon)

Ruzo terus mempelajari sungai dan asal-usulnya. Tetapi fokus utamanya sekarang adalah bagaimana melindungi sungai dan tanah di sekitarnya.

Ruzo memberi tahu Maddie Stone di Gizmodo pada 2016: “Saya sadar, sungai ini adalah keajaiban alam. Itu tidak akan ada kecuali kita melakukan sesuatu untuk melindunginya. “(yn)

Sumber: tinnhanh.dkn.tv

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular