Erabaru.net. Proses evakuasi korban terbakarnya KM Santika Nusantara Rute Surabaya-Balikpapan di Perairan Masalembo, Jawa Timur hingga Sabtu (24/8/2019) masih terus berlanjut menggunakan kapal milik Basarnas maupun kapal-kapal lainnya.

Hingga Minggu (25/8) sebanyak 311 penumpang dari KM Santika Nusantra berhasil dievakuasi. Tiga orang yang meninggal yaitu seorang anak buah kapal dan dua penumpang karena “kelelahan.”

Rincian yang dirilis oleh SAR Mission Coordinator bersumber dari Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto, hingga Minggu (25/8) pukul 15.30 WIB, dievakuasi oleh KM Dharma Fery 7  dengan 64 penumpang selamat, dievakuasi KM Spill Citr 23 orang Selamat.

Penumpang lainnya dievakuasi oleh KN Cundamani ke Tanjung Perak sebanyak 53 orang selamat dan 3 orang meninggal dunia. Dievakuasi oleh KM Putra Tunggal 8 ke Kalianget  sebanyak161 orang selamat.

Penumpang juga dievakuasi oleh KN SAR Laksmana dr Masalembu ke Surabaya dengan 5 orang Selamat. Sedangkan yang dievakuasi oleh nelayan Lamongan ke pelabuhan Brondong sebanyak 2 orang. Jadi, total penumpang yang berhasil dievakuasi sebanyak 311 orang.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito saat memantau langsung jalannya proses evakuasi di Surabaya menyampaikan terimkasih kepada seluruh potensi SAR dan kapal-kapal dalam proses evakuasi tersebut.

“Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat terutaman potensi-potensi SAR dan juga kapal-kapal serta masyarakat Kepulauan Masalembo” ujar Kepala Basaenas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dalam siaran persnya, Minggu (25/8/2019).

Bagus menambahkan bahwa pihaknya tetap berkoordinasi dengan potensi dan agen kapal terkait jumlah penumpang.  “Kami mendapatkan info jumlah manifes 277 orang namun yang sudah dievakuasi lebih dari 300 orang. Semoga saja semua korban sudah terevakuasi dan tidak ada lagi yang terombang ambing. Namun demikian pencarian korban terus dilakukan”, jelasnya.

Selain melakukan pencarian melalui jalur udara dan laut, tim SAR gabungan juga membuka posko pengaduan bagi warga yang merasa kehilangan anggotanya. Hal ini dilakukan untuk membantu proses pencarian korban. Namun hingga saat ini belum ada warga yang melaporkan kehilangan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa KM Santika Nusantara rute Surabaya- Balikpapan terbakar di Perairan Masalembo, Jawa Timur, Kamis (22/8/2019) malam. Berdasarkan laporan awal yang diterima Kantor SAR Surabaya, jumlah POB ada sebanyak 111 orang. Namun selama proses evakuasi berlangsung jumlah korban terus bertambah. (BASARNAS/asr)

Share

Video Popular